Freeport Belum Bayar Jaminan Smelter, Ini Respons Sudirman

Sudirman Said, calon gubernur Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Menteri Arcandra Bicara Masa Depan Freeport
- Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan setoran dana jaminan komitmen pembangunan smelter  PT Freeport  Indonesia sebesar US$530 juta masih belum diserahkan kepada pemerintah. 

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020
Menurut Sudirman, hal ini lantaran perusahaan tambang tersebut masih melakukan penundaan dan meminta keringanan. 

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak
"Mengenai deposit US$530 juta itu bagi Freeport untuk menunjukkan kesungguhannya dan kami sadar betul situasi pasar tidak sedang menguntungkan. Karena itu mereka sedang, apakah itu penundaan ataukah lainnya, seperti (meminta) keringanan," ujar Sudirman di Balai Kartini, Jakarta, Selasa 2 Februari 2016. 

Namun, Sudirman menuturkan, pihaknya terus meminta Freeport untuk segera menyerahkan dana setoran tersebut sebagai komitmen pembangunan smelter. 

"Tapi kami (terus) meminta mereka untuk bisa menunjukkan kesungguhannya yang ekuivalen dengan apa yang kami minta. Itu sedang kami negosiasikan. Jadi, cara berfikirnya mencari jalan keluar supaya kegiatan ekonomi berjalan lancar," tutur dia. 

Dia mengungkapkan, dengan telah habisnya izin ekspor konsentrat Freeport dan belum terpenuhinya syarat pembangunan smelter sebesar 60 persen, maka Freeport masih dikenakan bea keluar sebesar lima persen. 

"Kalau komunikasi kami sebenarnya bisa ketemu setiap hari, kami juga bisa komunikasi lewat telepon, sedang dinegosiasikan," tutur dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya