Tiga Cara Pilih Tempat Pemasaran Online

Ilustrasi penjualan online.
Sumber :
  • Ist.

VIVA.co.id - Internet membawa perubahan yang besar dalam hidup kita. Diakui atau tidak, internet telah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan lagi. Semua orang berbondong-bondong menggunakan internet dan seakan tidak bisa lepas dari internet. Salah satu manfaat dari internet sendiri adalah untuk menjalankan bisnis.

Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya
Anda tentu tahu beberapa situs jual beli seperti Kaskus, Olx, atau Bukalapak kan? Bagi pebisnis, adanya situs seperti ini akan sangat membantu sekali. Dengan adanya situs tersebut mereka tak perlu pusing untuk membuat toko online khusus.
 
Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone
Karena itu, memulai sebuah bisnis tidak lagi merepotkan. Cukup gunakan laptop dan koneksi internet, maka Anda bisa mulai membuka sebuah bisnis. Asalkan Anda memiliki tekad yang kuat, maka bisa bisnis bisa dibuka dengan segera.
 
Kisah Shelby Clark Temukan Ide Aplikasi Penyewaan Mobil
Oleh sebab itu, bila Anda berniat memulai sebuah bisnis, kenapa tidak mencoba memanfaatkan media internet. Cara termudah yaitu dengan memanfaatkan fasilitas marketplace. Ini merupakan teknologi baru di Indonesia yang sayang apabila tidak anda manfaatkan secara maksimal.
 
 
Namun, sebelum Anda ikut nimbrung di sebuah marketplace, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal ini:
 
1. Pahami latar belakang dan reputasinya
 
Sekarang ini, sudah bermunculan berbagai situs marketplace online. Tapi Anda harus berhati-hati, jangan asal dalam memilih. Waspada dengan setiap kemungkinan yang ada.
 
Teliti terlebih dahulu, latar belakang dan reputasi marketplace tersebut. Tidak seharusnya Anda sembarangan mendaftar tanpa mengetahui benefit seperti apa yang kemungkinan akan didapatkan.
 
Selain itu, cari tahu juga bagaimana sistem kerja dan pengalaman pengguna. Kedua hal ini merupakan salah faktor yang sudah sepantasnya Anda perhatikan.
 
Tentunya, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih banyak bila harus memperhatikan hal ini. Tapi, apa yang Anda lakukan ini merupakan riset untuk mencari data yang akan berguna bagi bisnis tersebut.
 
Ingat, berbisnis harus selalu didasarkan pada data dan fakta, bukan asumsi semata. Jangan sampai terjebak ke dalam asumsi Anda sendiri. Ketika Anda hanya berkutat pada asumsi, maka itu bisa menjadi lubang yang merugikan.
 
Lihatlah pasar secara objektif. Gunakan segala sumber informasi untuk menganalisis dan mendapatkan informasi sejelas-jelasnya. Lalu, pastikan semua informasi yang Anda dapatkan itu akurat.
 
 
Bisnis yang baik tidak mengajarkan Anda layaknya "berjudi". Berbisnis mengajarkan Anda untuk "tumbuh". Belajar mengenal pasar, peka dengan peluang, lalu mengubahnya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Itulah bisnis yang sebenarnya.
 
2. Perhatikan layanan yang diberikan
 
Keberadaan fitur atau layanan dalam sebuah marketplace sangatlah penting. Terutama untuk mengembangkan bisnis Anda. Bila sebuah marketplace tidak didukung dengan teknologi yang mumpuni, bisa jadi bisnis Anda tidak akan pernah berkembang. Sebagai contoh, bila ada fitur, misalnya promosi, maka bisnis Anda kemungkinan akan lebih dikenal oleh pelanggan.
 
Bila marketplace yang Anda ingin gunakan tidak menawarkan hal-hal seperti ini, maka ada baiknya untuk tidak memilih marketplace tersebut. Jangan sampai Anda yang berjuang keras sendiri. Tujuan adanya marketplace adalah untuk membantu perkembangan bisnis Anda, bukannya semakin merepotkan.
 
3. Pantau terus transaksi yang dilakukan
 
Setelah memasang barang pada marketplace, lakukan kontrol hingga terjadi transaksi. Ini akan membuat Anda mampu mempelajari alur bisnis dan bisa menganalisis target bisnis anda. Meski ini merupakan sesuatu yang sudah umum dikatakan, namun nyatanya masih sedikit yang mau mempraktikkannya.
 
 
Sebuah bisnis dikatakan sukses bila dia sudah berhasil sampai pada titik tujuan. Apa tujuan bisnis Anda? Itu terserah Anda. Tapi itu merupakan pertanyaan mendasar dan Anda sudah harus mengetahuinya sebelum memulai bisnis.
 
Apabila belum, lebih baik Anda tanyakan pada diri sendiri. Apakah bisnis yang Anda jalankan ini sudah memiliki tujuan yang jelas atau belum?
 
Jalankan Bisnis dengan Tekun
 
Bila Anda memang serius dalam berbisnis di marketplace, Anda akan melakukan hal-hal di atas. Berbisnis tidak hanya bermodalkan keberanian dan uang yang cukup, namun juga harus disertai dengan ketekunan. Ketekunan inilah yang dibutuhkan dalam berbisnis.
 
Selain bermodalkan keberanian dan ketekunan, Anda pun patut membuka mata dan telinga. Manfaatkan setiap peluang yang ada. Pebisnis yang hebat tidak pernah mengalami kesuksesan melalui cara yang mudah. Mereka harus melewati berbagai masalah dan cobaan.
 
Setiap bisnis pasti akan mengalami hal tersebut. Apabila Anda tetap memiliki tekad yang kuat, maka itu artinya Anda sudah siap untuk mulai berbisnis. Jadi, bagaimana? Apakah anda sudah siap berbisnis?
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya