Rizal Ramli Undang Belanda Investasi di Sektor Maritim

Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Belanda, Bert Koenders. Pertemuan keduanya membahas kerja sama Indonesia dan Belanda di bidang maritim.

"Ini pertemuan penting dengan Menlu Belanda, karena kita punya hubungan sejarah yang lama dengan Belanda. Mereka juga punya banyak pengalaman di sektor maritim. Kami sendiri ingin mempercepat poros maritim," ujar Rizal di Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis 24 Maret 2016.

Dia menjelaskan, dari pertemuan itu, diperoleh kesepakatan untuk memperkuat hubungan maritim, terutama terkait ship building, navigasi, infrastruktur pelabuhan, dan perikanan.

Rizal melanjutkan, khusus dibidang perikanan, pembangunan industri pengolahan produk perikanan merupakan momentum yang sangat baik.

Luhut Bantah Bakal Buka Investasi Asing Sektor Perikanan

Apalagi negara tetangga banyak kehilangan bahan baku karena selama ini dari Indonesia, namun sekarang Indonesia sendiri gencar memberantas penangkapan ikan ilegal.

"Karena itu, pemerintah membuka pintu lebar-lebar kepada investor, dalam maupun luar negeri, yang ingin membuka industri cold storage, perikanan, processing dan lainnya," kata dia.

Ke depannya, diharapkan Indonesia mempunyai industri perikanan yang maju, sehingga berimplikasi terhadap perekonomian nasional.

"Kita tidak ingin kekayaan kita diambil dan disedot kemudian diekspor untuk devisa,  tetapi tidak ada efeknya sama lingkungan. Kalau ada industri perikanan, kan ada pekerjaan, ada nilai tambah ada multiplier effect," ujar Rizal. (asp)

Dukungan untuk Rizal Ramli maju di Pilkada DKI

Dukung Rizal Ramli Maju Pilkada, Buruh Mulai Keliling Pabrik

Buruh gelar aksi 1 juta tanda tangan di Kawasan Industri Pulogadung.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016