Kemenpar Perkuat Citra RI Sebagai Negara Aman dan Damai

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengikuti acara San Francisco Travel & Adventure Show 2016 di Amerika Serikat
Sumber :
  • dok. Kemenpar

VIVA.co.id –  Kementerian Pariwisata tengah gencar meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia, dengan menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara aman dan damai.

Komisi X Minta Pemerintah Serius Garap Pariwisata

Staf Khusus Kementerian Pariwisata, Samsriyono Nugroho menilai, jika Indonesia berhasil melakukan pencitraan sebagai sebuah negara aman dan damai, para turis mancanegara akan tertarik melancong ke Indonesia.

Menurutnya, untuk mendongkrak pariwisata sebuah negara, pencitraan sebuah negara menjadi faktor penting. Jika pencitraan kuat, otomatis pariwisata turut mendapat berkah.

Blogger Vietnam Direkrut untuk Promosikan Wisata Indonesia

"Misalnya, Thailand salah satu negara yang berhasil melakukan ini. Devisanya bisa tiga kali lipat dari Indonesia, meski wilayahnya lebih kecil dari Indonesia," ujar Samsriyono dalam acara pembukaan Jakarta Marketing Week 2016 di Kota Kasablanka Mall, Jakarta, Rabu 11 Mei 2016.

Samsriyono mengatakan, Kementerian Pariwisata telah melakukan pilot project pada Kabupaten Banyuwangi. Dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, Banyuwangi mampu memasarkan potensi wisatanya. Hasilnya, perekonomian Banyuwangi pun mulai kembali bergairah. Saat ini, rata-rata pendapatan warga Banyuwangi pun lebih tinggi dari kota Malang.

Kemenpar Hadirkan Konser Musik Islami Jelang Puasa

"Saya berharap pada tahun 2018-2019, pariwisata akan menjadi sektor andalan di Indonesia," kata dia.

Ia menambahkan, Kemenpar pun telah gencar mempromosikan Wonderful Indonesia secara global dan sudah nampak hasilnya. Logo Wonderful Indonesia sudah menyebar di berbagai negara.

"Upaya komprehensif dengan kampanye logo Wonderful Indonesia ke berbagai negara dan media global. Mudah mudahan kita lebih banyak dikenal dengan integrasi antara online dan offline."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya