Pesan Kang Emil Bagi Anda yang Ingin Memulai Inovasi Baru

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Memang tak mudah bagi seseorang untuk melakukan sebuah inovasi membangun sebuah bisnis baru. Biasanya, berbagai macam perspektif negatif yang ditunjukkan oleh sebagian kalangan membuat niat baik Anda membawa perubahan besar justru sirna ditelan bumi. 

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Kritikan dan cara sebagian masyarakat meremehkan ide-ide brilian Anda memang terkadang membuat ciut nyali. Namun bukan berarti, hal itu menghambat Anda dalam menciptakan suatu inovasi brilian, yang mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara. 

Lalu, bagaimana cara Anda mengahadapi hal itu? 

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil, tingkat kepercayaan diri yang tinggi menjadi faktor utama yang harus dipegang teguh dalam diri seorang inovator. Sebab, kata dia, setiap perubahan memang selalu menuai pro dan kontra. 

Self confidence itu penting. Apapun yang kita lakukan, pasti dibicarakan. Terima saja,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam sebuah forum di Balai Sarbini, Jakarta, Senin 16 Mei 2016. 

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Kang Emil pun menceritakan pengalamannya selama dirinya tinggal di negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS). Sulitnya mencari pekerjaan di negeri orang pun dirasakan oleh pria berumur 44 tahun itu. Perbedaan kebudayaan antara kedua negara yang mencolok menjadi salah satu penyebab utama. 

“Saya pernah dilecehkan di AS, karena mau melamar di mana-mana dilecehkan. Saya belajar apa salahnya. Di Amerika itu setiap orang harus pede. Kalau culture Indonesia di Amerika, dianggap merendah diri,” katanya. 

Selain itu, pergaulan pun menjadi indikator penting yang harus tetap diingat. Kang Emil mengatakan, jika Anda memiliki ruang lingkup yang positif, tentunya akan membawa aura yang baik pula bagi diri Anda, termasuk ide-ide cerdas yang Anda ciptakan. 

“Terakhir, selalu ingat bahwa musuh kamu adalah dirimu sendiri. Lawan keterpurukanmu sendiri karena berasal dari dirimu sendri. Kalau mau optimis, bergaul dengan Walikota Bandung,” kata Kang Emil diiringi tawa para hadirin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya