Cukup Cicil Rp500 Ribu, Bisa Punya Apartemen di Bandung

Pemandangan Kota Bandung (tampak jembatan Pasopati) dari udara
Sumber :
  • Antara/ Rezza Estily

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Bandung akan memanjakan masyarakat khususnya kelas menengah ke bawah untuk bisa menikmati hunian mewah seperti apartemen. Rencananya, hunian tersebut akan tersedia sebanyak 400 unit di 13 wilayah di kota yang tersebar di kota kembang.

Ridwan Kamil Masuk Daftar 50 Pemimpin Terbaik Versi Fortune

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, mekanisme proses kepemilikan apartemen tersebut nantinya tidak akan terlalu rumit, Metode yang digunakan berupa cicilan biasa, sesuai dengan pendapatan yang diterima oleh calon pemilik.

"Misalnya tukang becak, nanti cicilannya itu sesuai penghasilan dia," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat ditemui di Balai Sarbini Jakarta, Senin 16 Mei 2016.

Para Jomblo Dominasi Naiknya Minat Apartemen 2018

Emil menjelaskan, guna meminimalisir adanya kecurangan, pemerintah kota Bandung sebelumnya akan mendata seluruh penghasilan masyarakat Bandung, sesuai dengan bidang kerja yang digelutinya. Dengan begitu, ada keadilan antara masyarakat menengah ke bawah dan menengah ke atas.

"Nanti akan diseleksi pendapatannya berapa, supaya tidak bohong atau mengaku-ngaku miskin. Misalnya, kalau tukang becak itu cicilan Rp500 ribu. Kalau manajer itu Rp4 juta, supaya adil," katanya.

Seramnya Apartemen setelah Penyewa 12 Tahun Tak Buang Sampah

Rencananya, insentif ini akan diluncurkan mulai bulan depan. Pemerintah kota Bandung, lanjut Emil, telah bekerja sama dengan pihak swasta untuk merealisasikan kebijakan tersebut. Dana yang akan digelontorkan pun mencapai kisaran Rp5 triliun.

"Diupayakan 100 persen (dari swasta). Namanya sosial bisnis, jadi tidak akan rugi," ungkap dia.

Ilustrasi unit dalam apartemen

Kekinian, Sewa Apartemen jadi Solusi Praktis Kaum Lajang Milenial

Menyewa apartemen sudah menjadi bagian gaya hidup.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2020