Integrasi Jalan Tol Diklaim Bisa Hemat Waktu Sejam

Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek.
Sumber :
  • Jay Bramena/VIVAnews

VIVA.co.id – Pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tengah mendorong pembayaran terintegrasi di jalan tol Trans Jawa, yang disebut akan memangkas waktu hingga mencapai sejam pada masa puncak arus mudik Lebaran. Pengintegrasian pembayaran jalan tol ini memang untuk meningkatkan kelancaran arus mudik nanti. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, mengungkapkan bahwa kemacetan saat puncak mudik Lebaran diperkirakan bisa mencapai satu jam dalam antrean di satu gerbang tol.

"Tentu saja (penghematan waktu) bervariasi, sangat tergantung puncak atau tidak puncaknya, misalnya Cikopo saja, itu bisa satu jam sendiri untuk pembayarannya. Tentu saja dengan terintegrasi ini ada penghematan selama satu jam, kalau sudah terintegrasi," kata Herry, di saat melakukan uji coba perdana integrasi pembayaran jalan tol, di gerbang tol Palimanan, Senin, 13 Juni 2016. 

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Dia menjelaskan, pihaknya juga mendorong penyederhanaan pembayaran menggunakan pembayaran elektronik (e-payment) dengan sistem multibank, agar mempersingkat waktu transaksi. 

Adapun, empat bank yang berpartisipasi dalam sistem payment multibank, adalah Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI. 

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

Untuk cluster pertama, kata dia, pembayaran jalan tol dengan sistem elektronik (e-payment) atau menggunakan e-money telah dapat difungsikan oleh pengguna kartu e-money BNI, BRI, Mandiri dan BCA. 

Sementara untuk cluster kedua e-payment baru bisa dilakukan oleh tiga bank, yaitu BNI, BRI, Mandiri, sementara BCA akan segera menyusul. 

Herry menambahkan, untuk masyarakat Jakarta yang bertujuan ke Jawa Tengah, yang semula tujuh kali berhenti, yaitu di gerbang tol Cikarang Utama, Cikopo, Palimanan, Plumbon, Ciperna, Mertapada, dan Brebes Timur. 

Sementara setelah diterapkan integrasi, pemberhentian hanya ada di tiga titik. 

"Jadi ambil kartu atau tiket di gerbang tol Cikarang Utama, lalu membayar tarif tol cluster 1 Jakarta-Cikopo-Palimanan sebesar Rp109.500 di Palimanan, sekaligus mengambil tiket cluster dua, gerbang tol Palimanan-Kanci-Pejagan-Brebes dan membayar di gerbang tol Brebes Timur," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya