Cara Aman Beramal Secara Online

Ilustrasi beramal.
Sumber :

VIVA.co.id – Seiring dengan transformasi ekonomi yang pesat di Asia Pasifik, terjadi peningkatan keinginan konsumen di kawasan tersebut untuk melakukan donasi untuk kegiatan amal. 

Sering Transaksi Online, Catat 5 Hal Ini Biar Uang Aman di Dunia Maya

Berdasarkan survei Charitable Giving dari MasterCard yang dikutip VIVA.co.id, Senin 13 Juni 2016, masyarakat Thailand dan Vietnam, merupakan konsumen yang memiliki keinginan paling kuat untuk memberi donasi, yakni masing-masing ada di peringkat 70,5 persen dan 70,4 persen secara berurutan.

Sementara itu, Indonesia berada di peringkat keempat dengan nilai sebesar 63,2 persen.
 
Saat ini, donasi melalui online pun meningkat, terutama pada saat perayaan tertentu (festive season), di mana kegiatan amal beralih melalui internet, guna meningkatkan jangkauannya. Meskipun demikian, para konsumen di kawasan Asia Tenggara, masih merasa khawatir saat melakukan pembayaran secara online

Livin' By Mandiri Klaim Mampu Proses 11.000 Transaksi per Detik

Indeks Keselamatan dan Keamanan MasterCard , atau MasterCard’s Safety & Security Index yang baru-baru ini dirilis juga menemukan bahwa Thailand dan Vietnam, adalah negara paling khawatir dalam melakukan pembayaran secara elektronik.
 
Kekhawatiran ini dapat berdampak pada jumlah nilai donasi yang dapat dikumpulkan di kawasan tersebut.

Berikut, enam tips yang akan membantu Anda untuk memastikan bahwa uang yang telah Anda kumpulkan dengan susah payah akan disalurkan dengan aman ke organisasi sosial pilihan Anda.
 
1. Jangan melakukan donasi kepada lembaga-lembaga yang tidak Anda kenal, atau belum Anda cari tahu terlebih dahulu.

Livin' by Mandiri Beri Bebas Biaya Transfer Antarbank, Begini Caranya

2. Berhati-hati terhadap e-mail yang dikirimkan oleh sebuah organisasi sosial dan jangan pernah masuk ke dalam sebuah situs amal melalui hyperlink yang diberikan di dalam e-mail. 

Jika curiga, lakukan penelitian terhadap organisasi tersebut secara online dan jika Anda menerima e-mail dari organisasi yang menurut Anda palsu, atau tidak nyata, segera laporkan organisasi tersebut kepada pihak berwenang secepatnya.

3. Sebelum berdonasi, selalu pastikan bahwa situs tersebut aman dengan mencari ikon gembok hijau (green padlock) di web browser Anda. Ikon tersebut akan muncul di bar URL browser Anda, dan ikon tersebut hanya muncul di situs-situs yang memang aman.

4. Apabila Anda khawatir mengenai autentikasi pembayaran di sebuah situs, maka carilah sertifikat verifikasinya di halaman tersebut. Contohnya, termasuk MasterCard SecureCode, Verified by Visa, dan American Express SafeKey.

5. Hindari melakukan donasi melalui perusahaan pengiriman uang, atau secara langsung melakukan transfer ke sebuah bank dari sebuah organisasi sosial yang belum Anda kenal, karena metode ini kemungkinan tidak memberi Anda perlindungan yang semestinya (liability protection) jika terjadi penipuan transaksi.

6. Jika Anda merasa curiga setelah memberikan donasi, segera hubungi pihak bank secepatnya! (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya