Emas dan Berlian Dominasi Barang Gadai

Transaksi di Pegadaian.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tren masyarakat yang menitipkan barangnya di Pegadaian mengalami perubahan, saat ini perhiasan emas dan berlian mendominasi 95 persen barang gadaian. 

Menteri Rini Tunjuk Sunarso Jadi Dirut Pegadaian

Kepala Cabang Pegadaian Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Ardianto, mengatakan nilai dari satu gram emas 24 karat ditafsirkan sebesar Rp511.742. Sedangkan untuk kadar di bawah 24 karat tetap mengacu pada satu gram emas 24 karat tersebut kemudian dibagi persentasenya. 

"Sebetulnya kadar emas itu mulai dari enam karat sampai 24 karat," kata Ardianto saat ditemui VIVA.co.id di kantornya, Jakarta, Rabu, 22 Juni 2016.

Mau Investasi Emas di Pegadaian, Perhatikan 10 Hal Ini

Oleh karena itu, sambungnya, masyarakat saat ini lebih banyak yang menggadaikan perhiasan emas dan berliannya di Pegadaian karena nilai taksiran lebih tinggi. 

Adapun tingkat kemurnian emas yang terkandung di dalam satu unit perhiasan ditentukan oleh persentasenya. Dan yang lazim di masyarakat dengan "berapa karat", di antaranya 22 karat dan 24 karat.

BSM Targetkan Pembiayaan Gadai dan Cicil Emas Tumbuh 25%

Sedangkan berlian lebih banyak komponen untuk menentukan harganya. Mulai dari besarnya, gosokannya, tingkat kejernihan, dan warna.

"Berlian yang besar belum tentu harganya lebih mahal dari berlian yang kecil. Berlian kecil itu lebih bagus dari semua unsur," kata Ardianto.

Selain itu, Pegadaian juga menerima barang elektronik yang 65 persennya mengacu dari harga barang bekas sebagai taksirannya. Di antara barang-barang elektronik itu adalah handphone, tab, laptop, dan lain-lain.

Barang jaminan di Pegadaian adalah barang jaminan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga nasabah bisa melunasi kembali barang yang digadaikan.

"Jadi itu sebagai antisipasi agar barang jaminan tersebut bisa dilunasi kembali oleh nasabah. Kalaupun tidak dilunasi, pegadaian akan melelangnya," kata Ardianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya