Target Produksi Minyak Turun

Ladang Minyak di Jambi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016, target lifting minyak mentah diturunkan dari angka 830 ribu barel per hari menjadi 820 ribu barel per hari. Penurunan ini menunjukkan semakin banyaknya lapangan-lapangan minyak yang menua di dalam negeri. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Kepala Satuan Kerja Khsusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi mengatakan, hingga akhir tahun diperkirakan lifting minyak hanya mencapai rata-rata 819 ribu barel per hari. 

"Realisasinya posisi per kemarin, rata-rata tahun 2016 itu 834 ribu barel. Tetapi, nanti mulai bulan September akan drop. Sehingga rata rata setahun hingga akhir tahun ini 819 ribu barel per hari," kata Amien di kantor Kementerian ESDM, Selasa 28 Juni 2016. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Ia mengatakan, penurunan produksi minyak akibat banyaknya lapangan minyak yang sudah semakin menua di Indonesia. Sehingga, produksi minyak kian lama semakin menurun. "Karena produksi secara natural itu turun," katanya. 

Amien mengungkapkan, salah satu perusahaan yang mengurangi pengeboran di blok minyak adalah PT Pertamina EP. Menurutnya, pengurangan produksi ini juga disebabkan, agar cost recovery yang dikeluarkan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) juga turun.

Pemerintah Kasih Insentif Pemasangan PLTS Atap untuk UMKM hingga RS

"Yang signifikan yang turun itu dari Pertamina EP. Jadi, kalau biaya untuk pengeboran itu dikurangi, artinya supaya cost recovery-nya turun, berarti pengeborannya dikurangi. Tadinya sekian sumur menjadi sekian sumur. Nah, kalau pengeborannya dikurangi maka produksinya sedikit," kata Amien. (asp)

Pabrik Pupuk Iskandar Muda.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia mengaprisiasi Kementerian ESDM yang memasok gas agar pabrik Pupuk Iskandar Muda yang sudah 10 tahun lebih mati, hidup kembali.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022