Bahaya Bagi Anak, IKEA Recall Puluhan Juta Unit Produk Ini

IKEA
Sumber :
  • REUTERS/Johannes Cleris/Scanpix

VIVA.co.id – Raksasa furnitur dari Swedia IKEA menarik kembali (recall) 36 juta produk rak lemari dan meja rias yang dijualnya di Amerika dan Kanada. Sebab, produk dinilai itu tidak aman dan menjadi penyebab kematian enam anak di kedua negara tersebut. 

Mengejutkan, COVID-19 Buat Konsumen Tak Tertarik Tawaran Diskon

Dilansir dari Reuters, Rabu 29 Juni 2016, Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat, mengungkapkan, perabot rumah tangga tersebut mudah roboh, jika tidak disandarkan dengan aman di dinding. Hal itu jelas mengancam keamanan anak-anak. 

Penarikan kembali itu meliputi enam model lemari rak dan meja rias yang diproduksi sekitar tahun 2002-2016. 

Kesadaran Konsumen RI Membela Haknya Perlu Ditingkatkan

"Ini terlalu bahaya untuk memiliki furnitur itu di rumah Anda, terutama jika memiliki anak-anak," ujar Ketua CPSC, Elliott Kaye dalam sebuah pernyataan. 

Seperti diketahui, dua balita AS, tewas secara terpisah pada 2014, tertimpa perabot itu. Insiden serupa juta terjadi pada tahun lalu, setelah IKEA mengumumkan ada program perbaikan perabot, termasuk menawarkan dinding penahan gratis. 

Konsumen Indonesia Menjunjung Tinggi Privasi dan Keamanan

IKEA juga telah menerima laporan 41 insiden akibat produk tersebut yang menyebabkan 19 cidera dan kematian tiga anak pada 1989-2007. 

Di AS, penarikan kembali produk mencakup delapan juta lemari rak dan meja rias dan 21 juta lemari peti dengan berbagai model. Sedangkan sebanyak 6,6 juta unit, ditarik dari Kanada. (asp)

Maskot sosialisasi konsumen cerdas

Konsumen Cerdas Jadi Power Pulihkan Ekonomi Bangsa

Pandemi COVID-19 dinilai tak hanya berdampak terhadap sektor kesehatan masyarakat, tetapi juga perekomian bangsa.

img_title
VIVA.co.id
27 Agustus 2021