Waketum Kadin: Wajar Kritikan Terhadap Macet Mudik Tahun Ini

Ilustrasi macet libur panjang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum (Waketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto menilai, munculnya berbagai kritik akibat kemacetan pada mudik tahun ini merupakan hal yang wajar.  

Horor Brexit Saat Mudik, Berikut Antisipasinya

"Silakan masing-masing menyampaikan argumentasi tentang kejadian Brebes Timur tanpa harus saling menyalahkan pendapat lainnya.  Sebaiknya kita kasih kesempatan instansi terkait dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu, 10 Juli 2016.  

Meski demikian, Carmelia mengatakan, pihaknya tetap mengapresiasi kerja keras pemerintah,  terutama Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan beserta jajarannya, yang telah merelakan waktu liburnya untuk tetap bekerja dalam mengantisipasi arus mudik tahun ini.  "Meski proses musim mudik masih terdapat kekurangan, tapi kita tetap harus berikan apresiasi kepada pemerintah yang telah bekerja keras," ujarnya.

2018, Tak Akan Ada Lagi Transaksi Tunai di Jalan Tol

Dia juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya pemudik pada mudik lebaran tahun ini. Menurut Carmelia, kejadian ini seharusnya menjadi bahan pembelajaran bagi stakeholder dan masyarakat Indonesia pada masa yang akan datang. 

"Kita harus mengambil pelajaran dari kejadian ini dengan meningkatkan pelayanan mudik lebih baik agar kejadian ini tidak lagi berulang," katanya.

Menteri PUPR Segera Evaluasi Kemacetan di Brexit

Ke depannya, Camelia mengatakan, salah satu yang perlu dilakukan yaitu dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik secara masif. Hal itu menjawab fenomena kebutuhan mudik dan akan menurunkan penggunaan kendaraan pribadi.

Kemacetan Panjang di Pintu Masuk Tol Brebes-Batang

Saat Mudik Polisi Tetap Mau Tol Gratis bila Macet 5 Km

Upaya jemput bola pembayaran tol akan dilakukan lebih dulu.

img_title
VIVA.co.id
6 Juni 2018