IKEA Tarik Produk Meja Riasnya dari Pasar China

Ilustrasi produk IKEA.
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id – Raksasa furnitur asal Swedia, IKEA, kembali melakukan recall (penarikan kembali) jutaan produk yang dibuatnya. Jika sebelumnya di Amerika Serikat, kini sekitar 1,7 juta rak laci dan meja rias akan ditarik dari China.

Keyakinan Konsumen RI September 2021 Semakin Kuat, Ini Indikatornya

Dilansir dari Reuters, regulator keselamatan konsumen di China mengumumkan hal tersebut hari ini, Selasa 12 Juli 2016. Seperti di AS, produk tersebut berisiko membahayakan anak-anak, apabila tidak dipasang dengan benar di dinding. 

China's General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (AQSIQ) mengumumkan melalui situsnya bahwa produk rak laci dan meja rias yang akan ditarik diproduksi pada 1999-2016.  

Berlanjutnya Kebijakan PPKM Buat Keyakinan Konsumen Tertahan

Keputusan IKEA ini dikeluarkan, setelah kantor berita Xinhua mempublikasikan artikel yang menunjukkan arogansi IKEA, karena tidak bertanggung jawab atas masalah keselamatan anak itu di AS. 

IKEA diketahui menghentikan recall 36 juta produk yang sama di Amerika Utara. Produk itu ditarik, karena terkait enam kematian anak di negara tersebut. 

PPKM Level 4 Buat Keyakinan Konsumen RI Turun Tajam

Baca juga:

Penarikan produk di Amerika Utara, karena telah dinyatakan secara resmi tidak memenuhi standar industri di negara itu. Namun, IKEA mengatakan kepada Reuters, di China produk itu memenuhi standar. 

"Tapi setelah berkomunikasi dengan AQSIQ dan asosiasi konsumen, kami memutuskan untuk melaksanakan penarikan produk," ungkap pernyataan tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya