Pendapatan Usaha Naik, Optimisme Pelaku Bisnis Meningkat

Lima Cara Jitu Pertajam Insting Bisnis
Sumber :

VIVA.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada Kuartal  II 2016 mengalami peningkatan dari kuartal sebelumnya. Tercatat ITB pada kuartal II 2016 sebesar 110,24 yang meningkat dari kuartal I 2016 sebesar 99,46 persen. 

Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS

Untuk diketahui, ITB adalah indikator perkembangan ekonomi usaha terkini yang datanya diperoleh dari Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan oleh BPS yang bekerja sama dengan Bank Indonesia yang dilakukan setiap kuartal di beberapa kota besar. 

Adapun jumlah sampel STB kuartal II 2016 adalah sebanyak 4.138 perusahaan besar dan sedang, dengan responden adalah pimpinan perusahaan. 

Jawa Sumbang 58,1 Persen Ekonomi RI di Kuartal II 2016

Kepala BPS Suryamin mengatakan bahwa dengan adanya peningkatan ini, maka kondisi bisnis pun meningkat dari sebelumnya sehingga pelaku bisnis lebih optimis dari sebelumnya. 

"Optimisme pelaku bisnis pada kuartal II 2016 terjadi pada semua lapangan usaha, kecuali lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang mengalami penurunan menjadi 96,59," kata Suryamin di kantor Pusat BPS, Jumat 5 Agustus 2016. 

BPS: Pertumbuhan di Sektor Pertambangan Melambat

Lebih lanjut Suryamin menjelaskan bahwa peningkatan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Informasi dan Komunikasi dengan ITB sebesar 118,37. Sedangkan peningkatan kondisi bisnis terendah terjadi pada lapangan usaha konstruksi dengan nilai ITB sebesar 105,50. 

"Kondisi bisnis pada kuartal II Meningkat karena adanya peningkatan pendapatan usaha, kapasitas produksi, maupun rata-rata jumlah jam kerja," kata dia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya