Masih Sedikit Orang Kaya RI Pulangkan Harta dari Luar Negeri

Ilustrasi/Kebijakan Tax Amnesty.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Perolehan uang tebusan program kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty hingga pukul 10.00 WIB, Rabu 7 September 2016, menembus angka Rp5,30 triliun atau 3,2 persen dari total target yang telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp165 triliun.

Soal Usulan Tax Amnesty II dari Pengusaha, Rizal Ramli: Itu Konyol

Menurut pantauan dari Direktorat Jenderal Pajak, mayoritas uang tebusan berasal dari wajib pajak (WP) Orang Pribadi (OP) Non Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mencapai Rp4,41 triliun. Disusul dengan WP Badan non UMKM yang berkontribusi sebesar Rp564 miliar.

Kemudian, dari WP OP UMKM dan WP Badan UMKM yang masing-masing sebesar Rp305 miliar dan Rp11,8 miliar. Sementara dari komposisi harta, jumlah deklarasi dalam negeri sampai saat ini masih mendominasi komposisi harta.

Alasan WNI Pemilik Dana Rp18,9 Triliun Transfer ke Singapura

Tercatat hingga kini, deklarasi yang berasal dari dalam negeri mencapai Rp192 triliun, jauh lebih tinggi dari kontribusi deklarasi yang berasal dari luar negeri yang hanya mencapai Rp40,4 triliun. Sedangkan repatriasi baru sebesar Rp13,9 triliun. Sehingga, totalnya menjadi Rp247 triliun.

Besarnya deklarasi harta luar negeri dibanding peserta yang ikut repatriasi. Ini menunjukkan orang kaya RI masih betah taruh uangnya di luar negeri. 

Ditjen Pajak Tegaskan Bakal Buru Wajib Pajak Nakal

Sampai saat ini, jumlah surat pernyataan harta yang telah diserahkan kepada otoritas pajak mencapai 34.977. Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi, mengaku tetap meyakini angka saat ini masih berpotensi meningkat, seiring dengan geliat WP Besar yang mulai ikut program tersebut. 

(ren)
 

Rizal Ramli

Rizal Ramli Sebut Usulan soal Tax Amnesty II Sangat Konyol

Harusnya pemerintah buat planning manfaatkan perang dagang AS-China.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2019