Harga Premium Turun Bulan Depan, Solar Naik

Kepala Dirjen Migas Prof. Dr. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan akan melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bulan depan. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Berdasarkan data penurunan harga minyak mentah internasional dan memperhitungkan beberapa faktor lainnya. Harga premium akan diturunkan dan solar dinaikkan mulai 1 Oktober 2016. 

"Rata-rata tiga bulan terakhir ada perubahan sedikit. Premium turun, solar naik," ujarnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM IGN Wiratmaja, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 22 September 2016.

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Meskipun demikian, pihaknya belum dapat menyampaikan berapa besaran harga perubahannya. Sebab, hal ini perlu didiskusikan lebih lanjut dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.

"Harga nanti kita diskusikan dulu ke Pak Menteri, nanti kebijakannya seperti apa. Kisarannya antara Rp300 sampai Rp500 per liter. Itulah fluktuasinya. Naik turunnya rata-rata segitu," tuturnya.

Pemerintah Kasih Insentif Pemasangan PLTS Atap untuk UMKM hingga RS

Sekedar informasi, evaluasi ini merupakan formula kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam menyesuaikan harga BBM. Karena, di pertengahan tahun kemarin ada hari raya Idul Fitri, pemerintah tidak jadi melakukan evaluasi harga BBM.

Rencananya, Kementerian ESDM akan melakukan perhitungan pada 25 September 2016. Adapun, salah satu dasar yang menjadi nilai perhitungan adalah harga minyak mentah dunia. (asp)

Pabrik Pupuk Iskandar Muda.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia mengaprisiasi Kementerian ESDM yang memasok gas agar pabrik Pupuk Iskandar Muda yang sudah 10 tahun lebih mati, hidup kembali.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022