Cabai Merah Pendorong Tertinggi Inflasi September

Komoditas cabai merah di pasar
Sumber :
  • VIVa.co.id/Shintaloka Sicca

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (inflasi) pada September 2016 mencatatkan inflasi sebesar 0,22 persen. Dengan posisi tersebut, inflasi pada tahun kalender mencapai 1,97 persen, dan inflasi secara year on year berada di kisaran 3,07 persen.

Memotret Lonjakan Harga di Hari Raya Idul Fitri

Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan, terjadinya inflasi pada sisa tiga bulan terakhir tahun ini memang disebabkan beberapa faktor. Pertama, dari sisi kelompok pengeluaran, di mana harga cabai merah yang mencatatkan inflasi pada September 2016.

"Secara keseluruhan, bahan makanan sebenarnya deflasi 0,07 persen. Harga beras turun tipis, telur ayam turun minus 4,41 persen, tapi cabai merah inflasi hingga 0,13 persen," jelas Kecuk, sapaan akrab Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin 3 Oktober 2016.

Suku Bunga Acuan AS Agresif, Rupiah Dibayangi Pelemahan

Selain cabai merah, Kecuk menjelaskan, harga-harga yang diatur oleh pemerintah (administered price) juga menyebabkan terjadinya inflasi. Misalnya, dari kenaikan tarif listrik yang menyumbang inflasi sebesar 0,02 persen, dan rokok kretek sebesar 0,02 persen.

Di samping itu, lanjut Kecuk, kenaikan tarif pulsa ponsel, dan kenaikan sewa rumah juga menyebabkan terjadinya inflasi sebesar 0,22 persen. Selain itu, komponen sandang juga menyumbangkan inflasi sebesar 0,13 persen, kesehatan 0,33 persen, pendidikan 0,5 persen, dan transportasi 0,19 persen.

Harga Emas Hari Ini 10 Februari 2022: Global Stabil, Antam Naik

"Sementara tarif pulsa 0,05 persen. Dari andil deflasi, karena terjadi penurunan tarif angkutan udara," ungkapnya.

Ilustrasi Telur Ayam.

Agustus 2022 Indonesia Deflasi, Tapi Ada Komoditas Penyumbang Inflasi

BPS mencatat deflasi pada Agustus tetapi ada komoditas penyumbang inflasi, yaitu beras dan telur, Pemerintah perlu melakukan upaya agar inflasi tidak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2022