Menteri Jonan Mengaku Tak Pernah Dengar Ada Mafia Migas

Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, baru saja dilantik Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat, 14 Oktober 2016. Mantan Menteri Perhubungan ini mengaku belum begitu memahami sektor ESDM.

Bank Mandiri Perketat Syarat Kredit Industri yang Tak Ramah Lingkungan

Soal mafia di dalam industri mineral dan gas bumi (migas) yang biasa menjadi isu krusial di Kementerian ESDM, Jonan tidak mengetahui hal tersebut.  

"Kok saya enggak pernah dengar sih yang gitu-gitu? Saya belum pernah dengar sih," kata Jonan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016. 

Ignasius Jonan soal Kursi Kosong hingga Sederet Prestasi

Meski demikian, terkait dengan istilah pungutan liar (pungli), Jonan mengaku sudah sering menghadapi masalah seperti itu. Soal ini, dia menegaskan tidak akan pandang bulu dalam bertindak. 

"Kalau soal pungli itu soal distorsi yang sangat serius untuk kemajuan bangsa. Itu memang harus dihapus. Tapi, kalau mafia migas, karena saya bukan dari migas, jadi saya enggak pernah dengar ini," kata Jonan. 

Contek China, Jonan: Sumber Daya Mineral RI Wajib Dibuat Produk Jadi

Namun, mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu tetap optimistis akan bisa membenahi sektor ESDM di masa kepemimpinannya. Presiden Jokowi, menurutnya, tidak mungkin memilih dia jika tanpa ada alasan tertentu.
 
"Saya rasa Pak Presiden sudah mempertimbangkan dengan matang," tutur Jonan.

(ren)

Ilustrasi energi terbarukan.

RI Masuk Jajaran Negara ASEAN yang Lambat Genjot EBT, Ini Solusinya

Dasar hukum yang menyeluruh bisa akselerasi pengembangan EBT.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2020