Peran Strategis Pertamina di Blok Mahakam

Platform Bekapai, Blok Mahakam.
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah secara resmi telah memberikan lampu hijau bagi Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk bisa berinvestasi lebih awal di Blok Mahakam sebelum kontrak operator saat ini, yaitu PT Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation berakhir pada 31 Desember 2017. 

Begini Dampak Insentif Pemerintah ke Pertamina Hulu Mahakam Demi Jaga Produksi Migas Lapangan Tua

Persetujuan itu ditandai dengan persetujuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Amendemen Kontrak Bagi Hasil Wilayah Kerja (WK) Mahakam. Amendemen ini juga dapat menjaga keberlangsungan produksi minyak dan gas bumi, sekaligus memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan kegiatan pada Masa Alih Operasi WK Mahakam dari kontraktor eksisting ke Pertamina.

Amendemen Kontrak Kerja Sama (KKS) WK Mahakam antara lain, berkaitan dengan pembiayaan yang dapat dilakukan oleh Pertamina atas kegiatan operasi minyak dan gas bumi yang diperlukan sebelum tanggal efektif yang pelaksanaannya dilakukan kontraktor eksisting. Biaya yang dikeluarkan oleh Pertamina tersebut masuk dalam biaya operasi yang pengembaliannya dilakukan setelah tanggal efektif kontrak yakni 1 Januari 2018.

Pertamina Hulu Mahakam Alirkan Gas Perdana di Anjungan WPN-4

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam mengatakan Pertamina sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk mengelola Blok Mahakam. Setelah ada keputusan pemerintah dan tanda tangan PSC Mahakam akhir 2015, Pertamina pun fokus untuk melakukan proses alih kelola dengan sebaik-baiknya dengan menyusun tim transisi yang juga terdiri dari personel SKK Migas dan Total E&P Indonesia.

"Untuk menghindari adanya decline yang tajam pada 2018, Pertamina memutuskan untuk mulai melakukan investasi di 2017. Pertamina memasukan program pengeboran sekitar 19 sumur di 2017 dan Total sebagai operator yang akan melakukan eksekusi," ujar Syamsu dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 28 Oktober 2016. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Menurut Syamsu, sumur-sumur yang dibor tahun depan, baru akan berproduksi mulai 2018. Ini salah satu upaya untuk menghindari decline produksi. Secara umum decline di Blok Mahakam dapat dikurangi dengan menambah jumlah sumur pengeboran maupun workover.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Ketahanan Energi, Dirgo Purbo menilai, Pertamina berpotensi tidak hanya menahan penurunan produksi alamiah, namun juga meningkatkan produksi Blok Mahakam dengan masuk dan berinvestasi lebih awal. 

Pertamina sebagai operator blok migas itu setelah 2017 juga akan memberikan jaminan produksi gas yang dihasilkan akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Karena itu, masuknya Pertamina ke Blok Mahakam lebih awal akan bisa menambah field life time secara ekonomi komersial.

"Masuknya Pertamina tentu diawali dengan program-program peningkatan perawatan sumur juga menambah kegiatan pengeboran otomatis akan meningkatkan tambahan produksi dari lapisan-lapisan zona reservoir yang belum dikembangkan," ujarnya.

Menurut dia, Blok Mahakam berperan penting untuk meningkatkan produksi gas nasional dalam memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Pertamina sebagai operator juga mempunyai peran strategis untuk lebih mengutamakan alokasi produksi bagi kebutuhan di dalam negeri.

"Dengan dikelolanya Blok Mahakam oleh Pertamina yang notabene kepanjangan tangan dari pemerintah, produksinya tentu akan lebih diutamakan untuk memenuhi konsumsi dalam negeri," kata dia.

Untuk itu, lanjut Dirgo, Pertamina tentu harus diberikan dukungan penuh dalam mengembangkan Blok Mahakam. Dukungan yang paling penting adalah memberikan wewenang penuh kepada Pertamina untuk mengelola Blok Mahakam secara korporat layaknya pelaku industri migas multinasional.

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya