Menggali Potensi Tenaga Kerja di Sektor Pariwisata

Pengamat Ekonomi Aviliani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/KBRI Yangon

VIVA.co.id – Sekretaris Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Aviliani mengatakan, pemerintah harus fokus dalam meningkatkan bisnis di sektor industri formal. Karena, dalam tiga tahun terakhir, sektor ini mengalami pertumbuhan negatif, dibandingkan dengan sektor informal yang justru meningkat.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

"Akibatnya, ketimpangan antara jumlah tenaga kerja yang tersedia dengan lapangan kerja yang masih minim, maka proporsi dalam pasar tenaga kerja formal hanya sebesar 40 persen pada 2015," kata Aviliani di kantor Bappenas, Jakarta, Selasa 1 November 2016.

Aviliani mengungkapkan, saat ini masih banyak potensi bisnis pariwisata lokal yang belum optimal dieksplorasi. Kondisi tersebut diyakini akan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

"Ini yang harus diperhatikan agar sektor pariwisata bisa menciptakan lapangan kerja sebagai sumber penerimaan negara. Apalagi, bonus demografi kita melimpah dan banyak wisata yang bisa dikembangkan," ujarnya.

Karena itu, Aviliani berharap sinergitas antara pemerintah pusat, dalam hal ini Bappenas, dan para pemerintah daerah serta provinsi, bisa segera terjalin dengan baik guna memecahkan masalah dan kebuntuan tersebut dengan jalan keluar yang tepat.

Siap Mendunia, Bohemia Fashion Week Pertemukan Desainer Lokal Bali dengan Rusia dan Armenia

"Kita butuh solusi nyata, bukan hanya teori. Fungsi Bappenas sebelum reformasi kan ada fungsi perencanaan dan membawahi kementerian lain, maka kita perlu mendukung hal ini agar ada sinkronisasi dan sinergitas antara pusat dan kabupaten serta provinsi," ujarnya.

Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pariwisata jadi industri yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dengan berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatan taraf hidup

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024