Percepat Distribusi, NTB Siap Pasang Tiang Pancang Pelabuhan

Kapal kargo kontainer dipandu tugboat di Pelabuhan Tanjung Priok.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Pelindo III, Orias Petrus Moedak mengatakan, Pelabuhan Gili Mas yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat, segera diresmikan pembangunannya dalam waktu dekat. Jika tak ada aral melintang, peresmian pembangunan pelabuhan itu akan dilakukan pada 17 Desember 2016. 

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Tadi, Pak Wagub (NTB) juga hadir, dan kami sampaikan juga rencana groundbreaking," kata Orias usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang juga dihadiri beberapa pimpinan daerah, Senin 5 Desember 2016.

Ia mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan itu penting dilakukan agar komoditas pangan di wilayah tersebut dapat didistribusikan dengan lebih cepat ke berbagai daerah. Pelabuhan itu difungsikan untuk mengangkut jagung dan padi dengan kapasitas yang cukup besar.

Jokowi Resmikan Irigasi Gumbasa Sigi dengan Biaya Rp1,25 Triliun

"Dari potensi yang ada di NTB, 1 juta ton (kapasitasnya) kami siapkan untuk jagung dan 2,5 juta ton untuk padi," kata Orias

Menurut dia, pembangunan ini menggunakan belanja modal atau capital expenditure (capex) perusahaan. Namun, Ia enggan menyebut berapa investasi yang digelontorkan.

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

Oris menambahkan, pembangunan di wilayah timur Indonesia ini sejalan dengan program tol laut pemerintah, yaitu bagaimana dapat menghubungkan konektivitas logistik melalui peningkatan kualitas pelabuhan yang ada di Indonesia. "Karena (pemerintah) memang kan bangun dari pinggir," ujar dia.
 

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024