Sosok 12 Pahlawan Nasional yang Terpampang di Mata Uang Baru

Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Bank Indonesia telah resmi mengeluarkan 11 uang rupiah baru hari ini, Senin 19 Desember 2016. Terdiri dari tujuh uang kertas dan empat uang logam.

bank bjb Dukung BI Sediakan Uang Rupiah Baru untuk Ramadan dan Idulfitri 2023

Dalam 11 uang rupiah baru terpampang 12 gambar pahlawan nasional dengan warna-warna beragam. Dengan dua tokoh pahlawan nasional terpampang dalam satu uang kertas baru, pecahan Rp100 ribu yakni proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Berikut sosok para pahlawan yang menghiasi uang rupiah baru:

Tukar Uang Tunai Baru Tak Boleh Bersifat Jual Beli, Begini Kata MUI

1. Soekarno dan Mohammad Hatta

Gambar proklamator Republik Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta terpampang di uang kertas Rp100 ribu. Soekarno dan Mohammad Hatta memperjuangkan dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia atas penjajahan Belanda pada 17 Agustus 1945.

Bule di Bali Antusias Tukar Uang ke Rupiah Baru

Soekarno adalah Presiden RI pertama yang menjabat pada periode 1945-1966. Soekarno mencentuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Ia meninggal pada 21 Juni 1970.

Sedangkan, Mohammad Hatta menduduki posisi wakil presiden pertama Indonesia, dan menjabat pada 1945-1956. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

2. Djuanda Kartawidjaja

Gambar Djuanda terpampang dalam mata uang kertas Rp50.000. Djuanda adalah perdana menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir. Sumbangannya yang terbesar dalam masa jabatannya adalah Deklarasi Djuanda tahun 1957.

Ia menyatakan bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau dikenal dengan sebutan sebagai negara kepulauan dalam konvensi hukum laut United Nations Convention on Law of the Sea

3. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi

Pahlawan nasional yang dikenal dengan nama Sam Ratulangi ini terpampang dalam uang kertas Rp20 ribu. Pada masa penjajahan Jepang, Sam Ratulangi diangkat menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sesudah Negara RI terbentuk, dirinya diangkat menjadi Gubernur Sulawesi.

4. Frans Kaisiepo

Wajah Frans Kaisiepo terpampang dalam uang kertas Rp10.000. Frans adalah pahlawan nasional Indonesia dari Papua. Frans terlibat dalam Konferensi Malino tahun 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua.

Ia mengusulkan nama Irian, kata dalam bahasa Biak yang berarti beruap. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Papua antara tahun 1964-1973.

5. Idham Chalid

Wajah Idham Chalid muncul di atas mata uang kertas Rp5.000. Pahlawan nasional asal Banjar ini adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya.

Ia pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri Indonesia, Ketua MPR dan Ketua DPR. Selain sebagai politikus ia aktif dalam kegiatan keagamaan dan pernah menjabat Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama pada tahun 1956-1984.

6. Muhammad Husni Thamrin

Wajah Muhammad Hoesni Thamrin terpampang dalam mata uang kertas Rp2.000. Thamrin adalah seorang politisi dan tokoh pergerakan nasional di era Hindia Belanda.

Ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh dari organisasi Kaoem Betawi yang pertama kali menjadi anggota Dewan Rakyat di Hindia Belanda, yang mewakili kelompok pribumi. Ia lahir di Weltevreden, Batavia, 16 Februari 1894 dan meninggal di Senen, Batavia, 11 Januari 1941, pada umur 46 tahun

7. Tjut Meutia

Pahlawan nasional asal Aceh ini terpampang dalam uang kertas Rp1.000. Tjut Meutia adalah pejuang wanita yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda pada 1905 hingga 1910.

8. I Gusti Ketut Pudja

Wajahnya tercetak dalam uang logam Rp1.000. Ia  Ia ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil.

9. Letjen TNI TB Simatupang

Wajah TB Simatupang terpampang di uang logam Rp5.000.  TB Simatupang adalah tokoh militer dan gereja di Indonesia. Simatupang pernah ditunjuk oleh Presiden Soekarno sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia setelah Panglima Besar Jenderal Soedirman wafat pada tahun 1950

Pria asal Sumatera Utara itu pernah menjabat sebagai Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Ketua Majelis Pertimbangan PGI, Ketua Dewan Gereja-gereja Asia, dan Ketua Dewan Gereja-gereja se-Dunia.

10. Tjipto Mangunkusumo

Wajahnya tercetak dalam uang logam Rp200. Pahlawan pergerakan kemerdekaan Indonesia ini dikenal sebagai tiga serangkai bersama dengan Ernest Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara. Mereka banyak menyebarluaskan ide pemerintahan sendiri dan kritis terhadap pemerintahan penjajahan Hindia Belanda.

11. Herman Johannes

Wajahnya tercetak dalam uang logam Rp100.  Pria asal Rote, Nusa Tenggara Timur, ini adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada. Ia pernah menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Agung dan Menteri Pekerjaan Umum.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya