Jonan Minta Proyek Pembangkit Listrik Sesuai Potensi Daerah

Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama Wamen ESDM Arcandra Tahar.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengkritik pengembangan pembangkit listrik yang tidak sesuai dengan potensi sumber daya energi di daerah-daerah. Maka, Jonan meminta kepada pihak terkait, yaitu Perusahaan Listrik Negara, agar menyusun pengembangan energi sesuai dengan potensi daerahnya dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik.

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

"Kalau di puncak gunung di Papua tidak mungkin pakai PLTU (pembangkit listrik tenaga uap). Bawa batu bara pakai apa? Kalau PLTG (gas) juga tidak bisa, paling bisa pakai mikro hidro atau pakai solar panel," kata Jonan di Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.

Bagi dia, dengan langkah seperti itu, diharapkan tidak ada lagi masalah pendistribusian, yang kerap dikeluhkan karena tidak efisien. Salah satu contohnya, kata Jonan, adalah pengembangan energi di wilayah Papua dan Maluku bisa memanfaatkan produksi migas di sekitarnya, misalnya dari BP Tangguh.

Dari Indonesia untuk Dunia, MIND ID, Holding Industri Tambang Mainkan Peran Inti Hilirisasi

"Artinya, jangan gas dari timur dibawa ke barat dan batu bara dari barat dibawa ke timur," kata dia.

Selain itu, lanjut Jonan, pengolahan hasil tambang akan disesuaikan kebijakannya dengan pembangkit listrik, agar berjalan beriringan. Proses hilirisasi diharapkan dapat berjalan lurus dan menyokong pengembangan kelistrikan.

Selesaikan PUT 2, Bumi Resources Minerals Ekspansi Bisnis

"Kita selalu fokus hilirisasi dan memang makan waktu. Jadi nanti tinggal pilih mana yang lebih efisien," kata mantan menteri perhubungan itu.

(ren)

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023