Akhir Tahun Bandung Siap-siap Diserbu 272 Ribu Penumpang

Ilustrasi suasana mudik menggunakan bus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Bandung diprediksi akan kedatangan sekitar 272 ribu penumpang dari berbagai daerah pada libur natal dan pergantian tahun 2016. Ribuan penumpang itu tiba melalui terminal Cicaheum dan Leuwi Panjang Bandung Jawa Barat.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

Demikian ungkap Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bandung, Yosep  Heryansyah. Ia mengatakan, jumlah penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru diprediksi meningkat lima persen.

"Prediksi 22.1090 orang untuk libur Natal dan Tahun Baru ini dari terminal Leuwi Panjang. Sedangkan dari Cicaheum sebanyak 51 ribu penumpang. Ini diprediksi kenaikan mencapai lima persen," ungkap Yosep seusai rakor lintas sektoral pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017, di Mapolrestabes Bandung Jawa Barat, Rabu 21 Desember 2016.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Menurutnya, untuk optimalisasi layanan angkutan keberangkatan dan kepulangan, sebanyak 700 bus disiagakan di terminal Leuwi Panjang. Sedangkan di Terminal Cicaheum, pihaknya mempersiapkan 238 bus.

Yosep menilai, pelayanan transportasi terminal Cicaheum akan melonjak bagi bertujuan ke arah timur. "Biasanya ke Tasikmalaya, Pangandaran, bahkan sampai Jawa Tengah," lanjut dia.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Sementara itu, Terminal Leuwi Panjang melayani penumpang menuju arah barat. "Kalau yang ke barat biasanya ke Bekasi, Jakarta, Bogor, Tangerang," kata Yosep.

Dia memastikan, kendaraan yang disiagakan di dua terminal tersebut dalam kondisi laik jalan setelah melalui pemeriksaan. "Pokoknya kendaraan yang ngangkut penumpang harus siap secara administrasi dan fisik," lanjut Yosep.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya