Bandara Juanda Diklaim Paling Tepat Waktu

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVA.co.id – Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S. Baskoro mengatakan, berdasarkan riset lembaga analisis perjalanan udara asal Inggris, OAG, yang dirilis Januari 2017 ini, Bandara Internasional Juanda Surabaya yang dikelola PT Angkasa Pura I dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu di dunia tahun 2016 .

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Bandara Internasional Juanda mencatatkan diri sebagai yang paling tepat waktu pada kategori bandara besar, dengan kapasitas 10-20 juta penumpang per tahun, dan tingkat on-time performance (OTP) rata-rata mencapai 90,30 persen.

"Posisi berikutnya diraih Bandara Honolulu di Amerika Serikat (87,53 persen), Bandara Salt Lake City di Amerika Serikat (87,2 persen), Bandara Brasilia di Brazil (87,07 persen), dan Bandara Brisbane di Australia (86,71 persen)," kata Danang dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat 6 Januari 2017..

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Danang menjelaskan, secara keseluruhan, Bandara Juanda menempati posisi ketiga di antara seluruh bandara yang masuk dalam daftar ‘OAG Punctuality League 2016’. Peringkat pertama adalah Bandara Birmingham Inggris dengan OTP rata-rata 91,28 persen, yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara menengah dengan kapasitas 5-10 juta penumpang per tahun.

Peringkat tersebut diikuti oleh Bandara Newcastle di Inggris (OTP 90,94 persen) yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara kecil berkapasitas 2,5-5 juta penumpang per tahun.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

“Hasil riset ini menunjukkan salah satu indikator keberhasilan kinerja Bandara Juanda pada 2016 dan merupakan pengakuan komunitas internasional atas salah satu fokus kami terhadap on-time performance sebagai salah satu aspek terkait pelayanan pelanggan," ujarnya.

Danang berharap, pengakuan ini dapat memotivasi bandara lainnya di tanah air dalam meningkatkan OTP agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sebagai informasi, peringkat OAG Punctuality League diolah berdasarkan sekitar 54 juta catatan penerbangan selama setahun penuh di 2016 untuk menunjukkan kinerja bandara dan maskapai penerbangan terbaik yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Untuk bandara, dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun), bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), bandara besar (10-20 juta penumpang per tahun), dan bandara utama (di atas 20 juta penumpang per tahun).

OAG mendefinisikan on-time performance (OTP) sebagai penerbangan yang datang atau berangkat dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu kedatangan atau keberangkatan. (sar)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya