Trik ini Bisa Bikin Anda Dapat Bunga Kredit Murah

Ilustrasi kredit pemilikan rumah
Sumber :

VIVA.co.id – Kian banyaknya fasilitas pinjaman dana dari berbagai bank kerap membuat masyarakat bingung untuk memilih. Namun, faktor yang paling sering dijadikan acuan untuk memilih fasilitas pinjaman tersebut adalah bunga murah. 

Topang Pertumbuhan Kredit, BNI Catat DPK Rp729,17 T pada 2021

Dilansir dari CekAja.com, pada Rabu 25 Januari 2017, memang, banyak bank mematok angka bunga pinjaman sendiri-sendiri. Nilainya bervariasi tergantung jenis dan tenor pinjaman. Meski demikian, jangan lupa juga untuk mencermati faktor lain seperti kemudahan syarat pinjaman. Nah, ini trik untuk Anda yang ingin memperoleh bunga kredit murah dari bank: 

1. Gali informasi tentang bank

Survei BI: Penyaluran Kredit Tumbuh Tinggi di Kuartal II-2021

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan bunga murah adalah mencari informasi mengenai bank yang bersangkutan. Anda bisa mendatangi langsung kantor bank atau bisa menggali informasi dari pihak lain contohnya seperti kenalan yang sudah pernah mengajukan pinjaman, forum dunia maya atau website perbandingan produk finansial.

Bila Anda menggunakan pilihan paling terakhir, Anda juga bisa langsung mengajukan pinjaman pada bank yang bersangkutan tanpa mendatangi bank tersebut.

Suku Bunga Kredit Bank BUMN Sudah Kecil, BI: Swasta, Ayo Turunkan

2. Cek dan bandingkan

Agar mengetahui bank mana yang memberikan bunga paling murah, Anda harus membandingkan satu per satu produk bank. Karena jumlah bank yang ada di Indonesia cukup banyak, dan biasanya masing-masing memiliki fasilitas pinjaman, cobalah membandingkan bunga menggunakan situs perbandingan produk finansial. 

Tanpa perlu buang-buang biaya dan waktu, Anda langsung bisa menemukan bank dengan kriteria yang paling Anda sukai. Tidak hanya sampai di situ, pada situs semacam ini terdapat fitur kalkulator kredit yang mampu menghitung cicilan setelah memasukkan estimasi pinjaman dan tenor.

3. Pinjam untuk hal produktif

Tujuan pinjaman yang Anda ajukan secara tak langsung berpengaruh terhadap besaran bunga. Contohnya bila Anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan tujuan konsumtif seperti pembelian kendaraan, atau barang-barang mewah seperti perhiasan, jam tangan dan lain-lain akan mengakibatkan nilai pinjaman berkurang.

Beda halnya bila Anda menggunakan pinjaman KTA tersebut untuk hal yang bersifat produktif seperti modal bisnis. Untuk itu, Anda harus menetapkan tujuan kredit yang ingin diajukan.  

4. Ketahui biaya lain selain bunga

Selain harus mengetahui besaran bunga, ada beberapa hal lain yang tak kalah penting untuk Anda pahami. Salah satunya adalah biaya-biaya yang akan ditambah jika pinjaman yang Anda ajukan disetujui pihak bank. Biaya tersebut adalah biaya provisi alias biaya yang diberikan nasabah atas keberhasilan bank mencairkan permohonan kredit yang Anda ajukan. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya