2016, Belanja Iklan Didominasi Parpol dan Pemerintah

Surat suara Pilkada DKI 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id –  Nielsen Indonesia mengatakan, belanja iklan media sepanjang 2016 didominasi oleh pemerintah dan partai politik.

Wanti-wanti Bawaslu Agar Parpol Jangan Bandel soal Iklan Politik Sebelum Masa Kampanye

Executive Director Head of Media Business Nielsen Indonesia Hellen Katherina mengungkapkan, hasil risetnya menunjukkan, kategori pemerintahan dan partai politik menghabiskan belanja iklan sebesar Rp8,1 triliun.

"Ada 10 kategori produk dengan belanja iklan tertinggi, dan yang paling tinggi pemerintahan dan partai poltik. Nilai itu tumbuh sembilan persen," kata Hellen di Gedung Mayapada, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2017.

Sementara peringkat kedua berasal dari kategori rokok kretek dengan total belanja Rp6,3 triliun atau tumbuh 45 persen. Pengiklan terbesar ketiga dari produk perawatan rambut, total iklannya mencapai Rp5,7 triliun atau tumbuh 27 persen.

"Kemudian disusul oleh telekomunikasi dengan belanja iklan Rp5,3 triliun tumbuh 25 persen. Di urutan kelima kopi dan teh yang tumbuh 24 persen menjadi Rp4,7 triliun," ujarnya menambahkan. (mus)

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Pemerintah Siapkan Aturan Penggunaan AI untuk Iklan Politik

Seiring proses Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2024 semakin dekat, beberapa kandidat sudah menggunakan artificial intelligence (AI) untuk kampanye iklan politik.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2023