Pemasukan Pajak Kawasan Industri Morowali Rp1,7 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, menggelar rapat koordinasi mengenai perkembangan kawasan industri Morowali, Sulawesi Tengah bersama Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto. Luhut menjelaskan, nilai investasi yang ditanamkan di kawasan itu hingga saat ini sudah mencapai lebih dari US$3 miliar atau Rp39,9 triliun, dari total keseluruhannya yang mencapai US$6 miliar.

Kinerja Tiket.com Meningkat Seiring Pulihnya Industri Pariwisata

Bahkan, Luhut juga menjelaskan jika pemasukan negara dari sektor pajak yang berasal dari kawasan industri di Morowali itu, makin lama makin meningkat setiap tahunnya.

"Bayangkan, dalam tiga tahun itu mereka sudah produksi, dan sudah bayar pajak. Tahun lalu Rp900 miliar, tahun ini Rp1,7 triliun, dan tahun depan Rp2,5 triliun," kata Luhut di kantornya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 14 Februari 2017.

Kebangkitan Pariwisata Nasional, Kolaborasi Otoritas Wisata Daerah dan UMKM

Luhut mengatakan, strategi taktis hilirasi untuk hasil pertambangan baja dan nikel di kawasan industri Morowali saat ini sudah banyak meraih perkembangan yang cukup signifikan.

Namun, dia juga mengaku bahwa hingga saat ini hasil produk hilir dari hasil-hasil tambang itu masih banyak yang diekspor, karena belum siapnya Indonesia dalam hal pengolahannya.

Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Yogyakarta Optimalkan Peran Pelaku Pariwisata

"Jadi, sekarang hilirisasi ini kan sudah sampai stainless steel, kemudian sampai chrome. Nah, chrome itu bisa bikin jam, handphone, dan sebagainya. Sekarang masih diekspor semua itu, karena kita enggak siap," kata Luhut. (art)

Ilustrasi Hotels

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Indonesia menyaksikan kebangkitan yang menggembirakan di sektor pariwisata, termasuk hiburan, properti, dan perhotelan.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023