Belanja Pemerintah Seret pada Awal Tahun

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Realisasi belanja negara hingga akhir Februari lalu tercatat hanya mencapai Rp168,63 triliun, atau 8,1 persen dari pagu yang dipatok pemerintah. Apabila dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun lalu, gelontoran belanja pemerintah turun 10,97 persen.

Buka Beasiswa LPDP 2022, Menkeu Minta Pengelola Dana Abadi Transparan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, masih menaruh optimisme tinggi, pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama tahun ini bisa di atas lima persen. Optimisme itu lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun lalu, yang tercatat hanya 4,92 persen.

"Saya katakan, masih ada motor penggerak pertumbuhan. Konsumsi masyarakat, investasi, dan ekspor," tutur Darmin, Jakarta, Jumat 10 Maret 2017.

Sri Mulyani: Subsidi Jadi Belanja APBN Terbesar pada Januari 2022

Mantan gubernur Bank Indonesia itu meyakini, aktivitas perdagangan selama tiga bulan terakhir tidak terlalu buruk. Tercermin dari total nilai ekspor Indonesia, yang mulai membaik. Selain itu, musim panen pun dipastikan tidak akan kembali bergeser, seperti di awal 2016.

"Produksi malah bagus. Jadi, memang kita perlu melihat adalah anggaran. Walaupun kuartal pertama tidak terlalu bagus, saya lihat tidak jelek. Masih lebih baik dari kuartal I-2016," katanya. (art)

Jokowi Bahas Tiga Isu Utama APBN 2023 di Sidang Kabinet Paripurna
Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock

Yuk Simak! Keberlanjutan Pemulihan Ekonomi Nasional 2022

Pandemi di Indonesia belum berakhir. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pemerintah untuk menangani dampak ekonomi ialah Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2022