Pebisnis RI Jadi Orang Asia Ketiga Terkaya di Inggris

Pemilik PT Indorama Synthetics Sri Prakash Lohia
Sumber :
  • Kementerian Perindustrian

VIVA.co.id – Negara-negara Asia belakangan ini memiliki pengaruh keuangan yang besar pada ekonomi Inggris. Hal terbukti ada beberapa orang terkaya di Inggris yang berasal dari Asia dan beberapa dari mereka memiliki perusahaan paling kuat di dunia. 

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Dilansir dari Business Insider, Senin 20 Maret 2017, daftar orang-orang kaya Asia di inggris pada 2017 telah dirilis. Hasilnya ada 101 masyarakat Asia yang memiliki penghasilan yang sangat tinggi di Inggris. 

Daftar yang disusun oleh tim ahli dari Asia Media dan Marketing Group (AMG) ini menunjukkan, kekayaan orang kaya Asia itu memiliki pegaruh besar terhadap ekonomi Inggris. 

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Walikota London, Sadiq Khan mengungkapkan, pengusaha Asia memiliki pengaruh yang besar di sektor-sektor bisnis yang digelutinya. 

"Dari ritel, farmasi, dan inovasi teknologi, pemimpin bisnis asal Asia di Ingggris berada di garis depan di industri masing- masing. 

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Berikut ini lima pengusaha di urutan paling atas berdasarkan valuasi harta pada 2017

1. Gopichand dan Srichand Hinduja

Dua bersodara ini adalah orang Asia paling kaya di Inggris, dengan total harta yang dimiliki 10 miliar pounsterling. Mereka adalah dua dari empat saudara yang mengontrol Hinduja Group, kerajaan multinasional dengan bisnis mulai dari truk, perbankan hingga minyak dan gas bumi. 

2. Lakshmi Mittal

CEO berusia 57 tahun ini adalah pemilik perusahaan ArcelorMittal, perusahaan bajja terbesar di dunia. Di perusahaan itu dia memiliki 38 persen dari saham dan di Queens Park Ranggers FC dia pun memiliki 34 persen saham. 

3. Sri Prakash Lohia

Warga negara Indonesia keturunan India berusia 65 tahun ini adalah pendiri Indorama Corporation, yang fokus pada bisnis petrokimia dan tekstil. Total hartanya mencapai 4 miliar pound sterling.

4, Simon, Bobby dan Robin Arora 

India bersaudara ini memiliki perusahaan ritel B&M di Inggris. Total harta yang dimiliki mereka kini mencapai 2,2 pounsterling. 

5. Anil Agalwal

Pria berusia 65 tahun ini adalah Ketua eksekutif Vendanta Resources, salah satu kelompok pertambangan mineral yang paling cepat berkembang didunia. Kini dia memiliki valuasi sekitar 2,2 pounsterling. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya