5 Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis

Panama
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Negara-negara di Eropa tengah dan utara mendominasi peringkat dunia sebagai tempat untuk memulai bisnis. Indeks yang disusun oleh Universitas Wharton dan perusahaan riset pasar Y & R, mengevaluasi 80 negara dengan melihat produk domestik bruto setiap negara.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Business Insider melihat “keterbukaan untuk bisnis” berdasarkan faktor harga biaya produksi, tingkat birokrasi, lingkungan pajak, transparansi dari pemerintah, dan tingkat korupsi.

Berikut ini lima negara terbaik untuk memulai bisnis dikutip dari Business Insider, Kamis 30 Maret 2017.

1. Panama

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Negara yang menghubungkan Kosta Rika dan Amerika Selatan ini adalah satu-satunya negara sentral di Amerika yang masuk daftar. Dikenal sebagai “surga pajak,” skor utuk Panama adalah 10 untuk pajak, meskipun secara signifikan lebih korup daripada negara-negara lain yang ada di daftar ini.

2. Luksemburg

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Negara kecil di Eropa Barat ini sering digambarkan sebagai “surga pajak,” karena insentif pajak yang besar.

Swiss

3. Swiss

Negara ini telah lama dianggap sebagai tempat yang sangat menarik untuk tinggal dan bekerja. Memiliki lingkungan pajak yang sangat kompetitif, pemerintahan yang transparan, dan rendahnya tingkat korupsi. Ini adalah peringkat dalam indeks secara keseluruhan sebagai negara terbaik di dunia.

Denmark

4. Denmark

Negara di kawasan Nordik Eropa utara ini terus mendominasi daftar. Denmark memiliki tingkat korupsi yang rendah, tingkat transparansi yang tinggi, tenaga kerja yang terampil, dan PDB rata-rata per kapita sebesar £36.400 (US$45.700), dan modal.

Finlandia

5. Finlandia

Negara ini tertinggi pada indeks transparansi pemerintah dan menunjukkan tingkat yang sangat rendah korupsi, serta berhasil menjadi “Open for Business”. Bahkan, untuk kualitas hidup Finlandia menempati peringkat ketujuh di dunia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya