Kini Ekspor Bisa Langsung dari Pelabuhan Timur RI

Kapal Peti Kemas
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id – PT Pelindo IV (Persero) mengajak pemerintah daerah di kawasan timur Indonesia untuk melakukan ekspor langsung ke sejumlah negara tujuan. Hal itu dilakukan dengan memberikan dukungan kemudahan pengurusan dokumen seperti bea cukai serta hal lain terkait administrasi pelabuhan.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung mengatakan dengan ekspor langsung maka akan menguntungkan pemerintah daerah setempat. Sebab, selama ini pengembangan ekspor langsung masih kurang sekali dukungan dari sisi soft infrastruktur maupun dari sisi administrasi.

Menurut dia, sejumlah daerah di kawasan timur Indonesia memiliki sejumlah potensi ekonomi yang bisa dikembangkan oleh masing-masing daerah. Seperti di Sulawesi Utara memiliki potensi pariwisata yang besar dan saling terkait dengan Sulawesi Selatan melalui pintu masuk pelabuhan.

Pelindo Raup Laba Bersih Rp 4,01 Triliun di 2023

"Itu dari sisi pariwisata, untuk ekspor, Pemerintah daerah Sulawesi Utara yang rencana membuka kran ekspor dari Bitung ke Davao Filipina sejalan dengan cita-cita kami di Pelindo IV, yakni ekspor langsung tanpa harus melalui Surabaya atau Jakarta lagi," Jelas Doso dalam keterangannya, Kamis 6 April 2017. 

Dia mengungkapkan, selain telah diberikan kemudahan oleh Pelindo IV, Pemda juga diharapkan ikut mendorong program tersebut dengan sejumlah kebijakan daerah. Cara tersebut bisa dilakukan dengan membuat aturan yang mewajibkan agar pengusaha setempat manfaatkan pelabuhan Pelindo IV untuk melakukan ekspor langsung ke negara tujuan. 

Pelindo Prediksi Jumlah Pemudik via Pelabuhan Tembus 2 Juta Orang di Lebaran 2024

"Kalau perlu pengusaha dibuatkan aturan supaya diwajibkan ekspor. Pelabuhan yang kami kelola memungkinkan untuk direct ke negara tujuan," tegas dia. 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam mengatakan Pemerintah Daerah sangat mendukung program Pelindo IV terkait dengan ekspor langsung ke berbagai negara. Namun, Pemerintah Daerah juga meminta kepada Pelindo untuk juga membenahi sejumlah pelabuhan tersebut agar potensi daerahnya bisa ikut tersalurkan. (hd)

MIND ID.

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

Pemerintah dikabarkan segera melepas saham MIND ID dan Pelindo ke publik (Initial Public Offering/IPO).

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024