DPR Maklumi Proyek MRT Jakarta Molor dari Jadwal

Perkembangan Pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Moda transportasi Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta diharapkan dapat selesai pada 2018 mendatang mengiringi ASEAN Games yang akan diadakan di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak dapat direalisasikan lantaran kendala terkait dengan redesign dalam pengerjaannya.

Ada Proyek MRT Fase 2, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Jalan MH Thamrin

"Kami memang harapannya 2018 bisa selesai. Tapi mengingat penting dan urgensinya, program MRT ini maka ada beberapa redesign sehingga ini akan membuat perpanjangan waktu daripada penyelesaian. Sehingga tadinya diikhtiarkan untuk 2018 mungkin akan finishing pada 2019," kata Pimpinan DPR RI Komisi V Michael Wattimena di Proyek MRT Bunderan HI Jakarta, Kamis, 6 April 2017.

Michael menjelaskan, alasan keterangan dari pihak MRT mengenai keterlambatan penyelesaian proyek tersebut dapat dimaklumi. Sebab, saat ini pun progres capaian pengerjaan MRT pun telah melebihi target perencanaan.

Pembangunan MRT Timur-Barat Fase Satu dari Tomang hingga Bekasi Dimulai 2024

"Kalau kita lihat perencanaan ya harus jujur kita katakan setelah melihat perencanaan yang awalnya dibuat dengan progres dan capaian, yang kita lihat hari ini ada kemajuan sangat signifikan," ujarnya.

DPR terus mendorong secara optimal agar target operasi pada 2019 mendatang dapat terealisasi. Namun, jika penyelesaiannya dapat dilakukan lebih cepat di 2018 akan lebih baik.

Intip Peroses Bongkar Rel Trem Zaman Belanda di Proyek MRT Jakarta, Dikerjakan Hati-hati

"Memang ekspektasi kita untuk 2018 mudah-mudahan bisa tercapai, tapi perjalanannya ada beberapa redesign terhadap proyek ini sendiri. Misalnya ini hanya sampai di Kampung Bandan tapi nanti akan terjadi penambahan 6,1 km dari Kampung Bandan menuju misalnya Ancol. Itu juga dalam progres penyelesaian," jelasnya.

Ilustrasi kereta MRT

Tangerang Bakal Ada MRT, Harga Hunian Sekitar Merangkak Naik

Pengembangan hunian di wilayah Kabupaten Tangerang, terus mengalami peningkatan salah satunya karena akan dibangunnya transportasi umum MRT.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023