Tips Pilih Bisnis Waralaba yang Bikin Untung

Ilustrasi bisnis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Membuka bisnis jadi alternatif yang saat ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Faktanya penghasilan yang didapatkan dari bisnis terbilang cukup lumayan. 

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Bisnis tidak hanya dijalankan oleh orang-orang yang berjiwa entrepreneur. Namun Anda yang memiliki pengetahuan bisnis terbilang minim juga bisa melakukannya.

Untuk belajar bisnis, ada banyak alternatif yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membaca buku pengetahuan tentang bisnis atau belajar secara otodidak dari orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia bisnis. 

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Masalah yang sering dihadapi ketika Anda sudah siap menjalankan bisnis adalah bingung menentukan bisnis Apa yang sesuai dan bagaimana cara pemasaran produknya.

Bisnis waralaba atau franchise adalah bisnis yang paling banyak diburu saat ini. Bisnis ini termasuk mudah dijalankan. Anda yang ingin bergabung tidak perlu khawatir bagaimana cara untuk memasarkan produk. 

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Hal ini dikarenakan Anda sebagai pewaralaba akan senantiasa dibantu oleh bagian pusat dalam menjalankan bisnis. Jadi di sini, Anda hanya perlu membeli sebagian saham dari perusahaan waralaba yang sudah ada dan menjalankannya.

Dengan begitu, keuntungan yang bisa didapatkan juga akan semakin maksimal. Namun, perlu diketahui kalau menghasilkan keuntungan dari bisnis waralaba bukanlah sesuatu yang mudah. 

Anda sebagai calon pewaralaba harus terlebih dahulu memperhatikan bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. Agar tidak ada penyesalan yang timbul di kemudian hari karena usaha yang dijalankan tidak berjalan sesuai harapan. Sebelum memilih usaha waralaba, simak beberapa tips dari cermati.com

1.  Anda harus memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat atau passion

Hal ini diperlukan agar Anda semangat menjalankan usaha waralaba. Jika menyukai yang dikerjakan, maka Anda tidak akan pernah berat hati untuk mengerjakannya sampai tuntas.

2. Pilihlah usaha waralaba yang sudah memiliki nama besar. 

Jika bergabung pada usaha waralaba yang populer, maka Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan promosi untuk menarik perhatian konsumen.

3. Sesuaikan bisnis waralaba dengan modal yang dimiliki. 

Agar bisa menghemat modal yang akan dikeluarkan, Anda bisa bergabung pada waralaba yang sudah populer. Perlu diingat, Anda tidak perlu memaksakan diri saat berbisnis. Tetap sesuaikan dengan kemampuan finansial.

4. Cari bisnis waralaba yang mempunyai visi dan misi yang jelas. 

Agar Anda dengan mudah mengetahui apa tujuan apa yang hendak dicapai saat menjalankan bisnis.

5. Bergabunglah pada bisnis waralaba yang mendukung mitra bisnisnya dalam mengembangkan dan melakukan manajemen usaha. 

Dengan demikian, Anda tidak sendirian untuk mengembangkan bisnis. Tetapi dibantu oleh yang sudah berpengalaman.

Setelah memenuhi poin di atas, berikut adalah bisnis waralaba yang wajib untuk dicoba.

- Kuliner

Bisnis kuliner memang kerap kali mendatangkan respons positif bagi orang yang menjalankannya. Bisnis yang satu ini bisa dikatakan tidak akan pernah sepi pengunjung apalagi sampai tidak laku. Karena kita semua tahu kalau makan adalah kebutuhan utama manusia.

Bagi yang ingin memulai bisnis kuliner, coba untuk membuat masakan yang unik dengan cita rasa yang pas bagi lidah orang Indonesia. Jika ingin menyajikan masakan western sekaligus, pastikan Anda mendatangkan koki langsung dari luar negeri agar cita rasa makanannya lebih nikmat.

- Laundry

Bisnis laundry tidak bisa dipandang sebelah mata. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan di daerah perkantoran dan sekitar kampus. 

Faktanya banyak rumah di daerah tersebut yang termasuk “kos-kosan”, jadi akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis jenis ini. Apalagi Anda tahu kalau anak kuliah sangat malas mencuci pakaiannya, begitu juga dengan pekerja kantoran karena merasa tidak memiliki waktu untuk mencuci.

- Agen travel

Saat ini, minat masyarakat Indonesia untuk bisa bepergian ke luar negeri semakin meningkat. Destinasi favorit bisa dikatakan masih berada pada ruang lingkup wilayah Asia, yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand. Untuk wilayah Indonesia, Bali dan Yogyakarta adalah yang terfavorit. 

Kesempatan inilah yang harus bisa ditangkap sebagai peluang untuk menambah pendapatan Anda. Ingat, persaingan dalam dunia bisnis memang sangat besar. Namun dengan mau belajar dan terus belajar, dijamin bisnis apapun yang dijalankan akan sukses. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya