Perusahaan ESDM Gunakan TKDN akan Diberikan Insentif

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ingin mendorong industri ESDM dalam negeri menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan memenuhi komponennya dari produk dalam negeri. Oleh karena itu pemerintah membentuk tim untuk meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri (TKDN).

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar mengatakan, dengan adanya tim TKDN semua kebutuhan komponen setiap sektor dapat terpenuhi dari industri dalam negeri.

"Kita di ESDM ada beberapa inisiatif yang kita dukung lakukan, salah satunya gross split (bagi hasil). Kalau mau TKDN 30 persen kita kasih bagi hasil dua persen dari pendapatan kotor," ujar Arcandra di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta pada Rabu, 12 April 2017.

Airlangga Minta Industri Migas Maksimalkan Teknologi Hijau

Ia mengatakan untuk mendorong kandungan TKDN, pihaknya akan memberikan insentif untuk perusahaan yang mau menggunakan TKDN. Misalnya, kalau ada perusahaan pendapatan selama 20 tahun US$20 miliar menggunakan TKDN 30 persen, maka akan mendapatkan total insentif sebesar US$400 juta. Sedangkan, kalau mau menggunakan TKDN 70 persen, maka bisa memperolah total insentif US$800 juta.

"Kalau dia enggak mau pakai US$400 juta, US$800 juta, ya sudah hilang insentifnya," ucapnya.

Intip Strategi SKK Migas Kejar Produksi Minyak 1 Juta BOPD pada 2030

Saat ini pemerintah akan susun terlebih dahulu peta jalan pembinaan untuk pasang target peningkatan TKDN dalam waktu ke waktu. TKDN menurutnya tidak dapat dilakukan serta-merta, tanpa adanya industri produsen komponen di dalam negeri.

Payung hukum aturan ini, dikatakannya, kemungkinan berupa instruksi presiden, tapi masih akan dibicarakan dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023