Menhub Sediakan Kapal Jakarta-Semarang untuk Mudik Lebaran

Pemudik lebaran
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

VIVA.co.id – Mendekati mudik lebaran, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berencana akan membuka rute angkutan laut atau kapal dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Perak, Semarang, Jawa Tengah.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Kami rencanakan ini ada beberapa kapal (angkutan orang) yang akan ke Semarang selama masa Lebaran 2017. Tetapi kalau untuk yang logistik kami akan gunakan untuk ke Surabaya. Untuk lebaran khususnya, kami akan bicara sama teman-teman (operator) untuk menuju ke Semarang," kata Menhub Budi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu, 19 April 2017.

Menurut mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu, hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada masa lebaran. Budi menargetkan rute ini sudah beroperasi sebelum masa puasa.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Kalau barang saya yakin tidak masalah. Yang angkutan penumpang ini yang harus dilakukan pengamatan supaya kita bisa melayani masyarakat dengan baik, kita maunya sebelum puasa," ujar dia.

Terkait pengoperasian Ro-Ro lintas Tanjung Priok-Panjang Lampung, menurutnya, sudah membuat para pengusaha angkutan truk gembira. Ini dikarenakan biaya pengangkutan yang sangat kompetitif.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Lintas Priok-Panjang ini kan nikmat banget, harga sudah kompetitif, sudah girang banget asosiasi (angkutan truk)," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, pemerintah terus mendukung kapal Ro-Ro digunakan sebagai angkutan pengangkut truk untuk mengurangi beban jalan yang sudah berlebih. Menhub juga akan memperkuat aturan jembatan timbang untuk mendukung hal tersebut. (ase)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021