Dana Pensiun Didorong untuk Danai Proyek Infrastruktur

Ilustrasi pembangunan infrastruktur jalan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Renne Kawilarang

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan menginisiasi adanya peluang digunakannya dana pensiun sebagai dana investasi untuk pembangunan proyek infrastruktur nasional. Sehingga, dana mengendap ini dapat lebih memiliki keuntungan, seperti yang telah dijalankan di negara-negara maju.

Keluarga Brigadir J Gugat Sengketa Dana Pensiun Rp7,5 M ke Ferdy Sambo Cs

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK, Firdaus Djaelani mengatakan, pihak terkait sedang mempelajari terobosan ini. Lembaga keuangan dana pensiun bisa melakukan sindikasi untuk membiayai proyek infrastruktur.

"Jadi, kita harapkan dana pensiun bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur nasional, kalau pembelajaran sudah siap. Misalnya, dana pensiun bisa melakukan sindikasi terhadap proyek yang ada, seperti pembangkit listrik," ujar Firdaus di Le Meridien Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Pentingnya Persiapan Dana Pensiun Sejak Dini, DPLK BRIFINE di BRImo Solusinya

Menurutnya, hal itu konkret dilakukan, karena dana pensiun bersifat dana jangka panjang, sehingga diharapkan bisa berperan serta dalam proyek investasi jangka panjang. Apalagi, saat ini, pemerintah sedang giat mendorong pembangunan infrastruktur, yang membutuhkan dana besar.

Ia menyadari, untuk merealisasikannya membutuhkan waktu dalam mempersiapkan pelayanannya secara matang. Lembaga dana pensiun pun perlu mempelajari pola investasi di sektor infrastruktur, mempertimbangkan risiko bisnisnya, dan tingkat pengembalian uangnya. (asp)

OJK Terbitkan Empat Aturan Dorong Transformasi Industri Asuransi dan Dana Pensiun
Jaksa Agung ST Burhanuddin

Kejagung Segera Umumkan 2 Dana Pensiun BUMN Terindikasi Korupsi

Kejagung memastikan proses pemeriksaan terhadap sejumlah temuan kasus yang dilaporkan oleh Kementerian BUMN telah rampung, termasuk 2 dana pensiun BUMN

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024