Sejarah Baru, RI Bisa Kirim Barang ke AS Lewat Priok

Kapal CMA CGM Otello
Sumber :
  • Twitter/@kemenhub151

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan merapatnya Kapal CMA CGM Otello di dermaga Jakarta International Container Terminal atau JICT, Pelabuhan Tanjung Priok, merupakan sejarah baru. 

Menhub Ingin Tanjung Priok Bersaing dengan Pelabuhan Lain di Dunia

CMA CGM Otello memiliki kapasitas 8.500 twenty-foot equivalent unit (TEUs) dan panjang 334 meter. Kapal ini membongkar peti kemas impor sebanyak 844 TEUs dan memuat peti kemas ekspor sebanyak 1,967 TEUs.

Kapal kargo raksasa ini akan melayani rute ke Pelabuhan Los Angeles, Amerika Serikat, secara reguler tiap minggu dengan window Minggu-Senin dan dilayani dengan window time maksimal 24 jam.

Cara Canggih Kapolres Pantau Anggota dan Jaga Pelabuhan Priok

"Bisa dibayangkan apabila selama ini barang (produk) kita tidak langsung ke Amerika. Sekarang bisa langsung," kata Budi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 23 April 2017.

Selain itu, kata Budi, hari ini juga menjadi babak baru pelayaran kargo Indonesia yang langsung dikirim ke negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa. Apalagi, pada akhir Mei 2017, Kapal CMA CGM itu juga akan menggelar kapal CMA CGM Tage, dengan kapasitas 9,365 TEUs. 

Pelabuhan Tanjung Priok Terapkan Identitas Tunggal Truk Petikemas

Layanan langsung ke Amerika Serikat itu merupakan bagian dari pelayanan Ocean Alliance yang berangotakan CMA CGM, COSCO, OOCL dan Evergreen, yang mana dalam layanan ini semua kapal digelar oleh CMA CGM.

"Ini menandakan, apa yang sebelumnya seperti tidak mungkin dilakukan, menjadi mungkin," kata Budi.

Seperti diketahui CMA-CGM membuka layanan baru, yakni Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services. Layanan ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (Los Angeles dan Oakland) Amerika Serikat.

CMA CGM menggelar 17 kapal yang bergantian datang ke JICT, sehingga bisa melayani pelayaran langsung ke Amerika Serikat setiap minggunya di JICT. Rutenya adalah Jakarta – Laem Chabang (Thailand) - Cai Mep (Vietnam) – Los Angeles – Oakland. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya