Surga Kelapa Sawit RI Ada di Sumatera

Kelapa sawit.
Sumber :
  • Antara/Maril Gafur

VIVA.co.id – Luas areal perkebunan sawit di Indonesia terus berkembang dari tahun 1968 hingga saat ini. Tercatat, kini seluas 11,49 juta hektare lahan kelapa sawit terbentang di negeri ini. 

Tantangan Masa Depan Industri Kelapa Sawit Indonesia yang Berkelanjutan

"Terluas berada di Sumatera yaitu seluas 7,19 juta hektare," ujar Kepala Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit Rusman Heriawan, dalam sharing session workshop media 'Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Sawit Indonesia, dan Perkembangannya', di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Selasa malam, 25 April 2017.

Di posisi berikutnya ada Kalimantan, dengan luas lahan sawit yaitu 3,75 juta hektare. Kemudian, Sulawesi seluas 382.333 hektare, Maluku dan Papua seluas 120.847 hektare, dan Jawa yaitu 36.374 hektare.

Elite Golkar Sebut Airlangga Beri Contoh Baik karena Kooperatif Diperiksa Kejaksaan Agung

Rusman menjelaskan, kelapa sawit awalnya merupakan tanaman hias yang ditanam di Deli, Sumatera Utara pada 1968. Saat ini, sawit sebagai tanaman hias masih ada di pinggir jalan di Bandara Sutan Syarif Kasim, Pekan Baru, Riau. "Sekarang sawit jadi tanaman industri," ujarnya.

Menurut Rusman, luas lahan sawit berkembang seperti deret ukur. Sejumlah 52 persen lahan sawit dimiliki swasta, sementara yang dimiliki rakyat yaitu 41 persen dan negara 7 persen.

Airlangga Akan Hadiri Klarifikasi Kasus CPO di Kejaksaan Agung

Rusman mengatakan, masyarakat dalam negeri dan internasional banyak menyoroti perkembangan industri sawit. Banyak tantangan yang dihadapi industri ini, di antaranya soal moratorium pembukaan lahan baru, kenaikan biaya produksi dan kampanye negatif.

Kecelakaan Truk Sawit di Tol Belmera, Sopir Tewas Minyak Diambil Warga

Kecelakaan Truk Sawit di Tol Belmera: Sopir Tewas, Minyak Dijarah Warga

Kecelakaan lalu lintas antara truk kontainer dengan truk bermuatan minyak sawit mentah terjadi di Tol Balmera, Kecamatan Medan Labuhan Senin, 27 November 2023.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023