Kemendag Jamin Stok dan Harga Pangan di Ramadan Terkendali

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia menjamin persediaan kebutuhan pangan di Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri aman, dengan harga terjangkau dan terkendali. Karena, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terus memantau pergerakannya di daerah-daerah.

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

"Stok pangan terjamin, kita sudah cek hampir 70 persen dari seluruh provinsi," sebut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Medan, Selasa 2 Mei 2017.

Enggar memastika,n harga sembilan bahan pokok khususnya, terus dipantau. Persediaan bahan pangan di beberapa titik-titik rawan gejolak pun tidak luput dari perhatian pemerintah.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

"Kondisi stoknya dan kondisi harganya cukup terkendali. Jadi, beberapa bahan pokok itu seperti beras, gula, daging, telor, ayam, minyak gorreng itu semua aman," jelasnya. 

Para spekulan pun diingatkan, agar tidak macam-macam menaikkan harga pangan saat Bulan Suci Ramadan. 

PBB: Harga Pangan Global Melonjak ke Level Tertinggi dalam 10 Tahun

Sementara itu, Anggota DPD RI Parlindungan Purba menyabut baik dengan kebijakan pemerintah untuk selalu menekan harga pagan dengan harga normal saat Bulan Ramadan.

"Saya apresiasi kebijakan bapak bisa buat patron harga gula, minyak makan, dan lainnya. Semoga pola penanganan pasar semakin baik di kemudian hari," sebut Parlindungan, yang juga Ketua Komite II DPD RI. (asp)

Pembeli dan penjual daging sapi di Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Harga jual daging sapi jelas Ramadan tercatat berada di atas Rp120 ribu per kilogramnya atau mencapai Rp140 ribu per kilogram.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022