Pengembang Diminta Tingkatkan Komitmen Bangun Rumah Murah

ilustrasi rumah subsidi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengakui, dalam dua tahun bergulirnya program sejuta rumah belum pernah mencapai target yang maksimal. Sejak 2015, progres capaian pembangunan sejuta rumah maksimal hanya mencapai 80 persen.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan menjelaskan, dalam dua tahun ini capaian pembangunan dalam program sejuta rumah terus meningkat. Misalnya saja, pada 2015, yang hanya terbangun 699.770 unit, dan 2016, meningkat menjadi 805.149 unit. 

Dengan adanya peningkatan itu, ia pun optimistis dan berharap pada tahun ini, pemerintah dengan bekerja sama bersama pengembang dapat mencapai target pembangunan sejuta rumah. 

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

"Kami berharap, capaian 2017 ini meningkat lagi menjadi satu juta unit, setidak-tidaknya ada 712.987 unit untuk MBR dan 288.013 bagi non MBR," kata dia di Jakarta, Selasa 9 Mei 2017. 

Peran pengembang, kata dia, merupakan komponen yang sangat penting dalam tercapainya pembangunan sejuta rumah. Salah satunya adalah peran dan komitmen dari asosiasi Real Estat Indonesia (REI) yang selalu berkontribusi dalam program sejuta rumah.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

"REI yang dalam kepengurusan baru ini akan lebih memberikan perhatian terhadap MBR. Seperti pada tahun ini targetnya (pembangunan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah/MBR) naik terus dibanding tahun sebelumnya," kata dia.

Program sejuta rumah pun diharapkannya dapat menyelesaikan persoalan kurangnya ketersediaan rumah dengan peningkatan kebutuhan rumah yang terus naik setiap tahunnya. Peran perbankan, dan sejumlah pengembang juga, menurutnya penting untuk terus mendorong tujuan pemerintah tersebut.

"Agar terwujud penyediaan rumah, baik bagi MBR maupun non MBR," tutur dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya