Puasa Masih Dua Pekan Lagi, Harga Cabai-Bawang Terus Berubah

Ilustrasi-Cabai merah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Dua minggu jelang bulan suci Ramadan, harga sejumlah komoditas di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, terus mengalami perubahan. Salah satunya yakni harga cabai rawit merah yang berada di kisaran harga Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Daftar Harga Pangan 16 Januari 2024: Beras hingga Daging Naik

Salah seorang pedagang cabai rawit merah yang ditemui VIVA.co.id, Sulaeman, mengakui harga cabai rawit yang dijualnya setiap hari selalu mengalami perubahan. "Kemarin saya jual ini harganya hampir Rp45 ribu per kilogram. Kalau hari ini ada penurunan Rp5 ribu jadi harganya kisaran Rp40 ribu per kilogram untuk rawit merahnya," kata Sulaeman, di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu 13 Mei 2017.

Sulaeman mengatakan, harga cabai rawit merah memang sering mengalami perubahan terutama menjelang bulan Ramadan. Hal ini juga tergantung dari permintaan pasar dan stok komoditas itu sendiri. "Kalau stok barang alhamdulillah banyak. Barangnya selalu ada. Tapi ya harganya enggak tentu itu," ujarnya.

Heboh Isu Harga Cabai Rawit Tembus Rp 450.000 per Kg, Bapanas Angkat Bicara

Sementara itu, salah satu komoditas yang juga mengalami perubahan harga menjelang puasa adalah bawang merah dan bawang putih. Beberapa pedagang mengakui dalam sepekan terakhir, harga bawang putih sempat mengalami penurunan.

"Per kilonya kalau bawang putih Rp35 ribu. Kalau bawang merah ada kenaikan sedikit jadi sekitar Rp22 ribu sampai Rp25 ribu per kilogram," kata Laila, pedagang bawang di Pasar Induk Kramat Jati.

Meroket! Harga Cabai Rawit Tembus Rp 120.000 per Kg di Pasar Grogol

Sama seperti stok cabai, Laila mengakui untuk saat ini stok bawang merah dan bawang putih menjelang bulan puasa masih aman dan mudah didapat. Ia berharap, pemerintah dapat menstabilkan harga komoditas di pasaran agar tak merugikan. (ase)

Presiden Jokowi Tinjau Komoditas Pangan di Pasar. (Foto ilustrasi)

Tinjau Pasar Kota Wonogiri, Jokowi: Harga Bagus, yang Agak Naik Beras

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah pada Kamis, 1 Februari 2024. Menurut dia, harga bahan pokok di pasar tersebut terbilang bagus.

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2024