Punya Duit Rp2 Jutaan, Jakarta-Bandung Bisa 45 Menit

Denon Prawiraatmadja, CEO, PT Whitesky Aviation.
Sumber :

VIVA.co.id – Perusahaan maskapai tidak berjadwal, atau charter, PT Whitesky Aviation (Whitesky) menyediakan jasa transportasi penerbangan Jakarta - Bandung, dengan waktu jarak tempuh 45 menit.

Polri Siapkan Helikopter Jadi Ambulans Udara saat Arus Mudik, Bisa Turun di 6 Titik

Titik keberangkatannya dari Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta, menuju 53 Helipad yang tersebar di kawasan Bandung Raya.

Chief Executive Officer (CEO) Whitsky Aviation, Denon Prawiraatmaja menjelaskan, dengan range harga Rp2 juta sampai dengan Rp2,5 juta per kursi, tidak akan menjadi pesaing dalam dunia transportasi darat yang ada saat ini. 

Tim SAR Temukan Puing-puing Pesawat Smart Aviation, Terlihat Api Unggun di Sekitar Lokasi

"Untuk sementara Jakarta - Bandung, kita akan terbitkan dengan harga antara Rp8 juta sampai Rp10 juta. Jadi, kalau empat (kursi), dibagi delapan sampai 10 juta, berkisar dua juta lebih sedikit yah," ungkap Denon disela Confrence And Exhibition Helicopter 2017 Summit Indonesia di Hotel Trans Bandung Jawa Barat, Senin 15 Mei 2017.

Helicopter yang disediakan untuk tranportasi umum ini, Whitesky menggunakan heli non militer jenis Bell 505. Denon mengatakan, transportasi ini akan mulai bisa digunakan pada November 2017.

Helikopter Model A139 Jatuh Saat Latihan! 4 Orang Selamat, Ini Kronologinya

"Transportasi Helicopter ini dimaksudkan untuk kegiatan - kegiatan yang sifatnya isidentil. Misalnya, saat season Lebaran. Misalnya, ketika tanggal 31, ketika orangtua perlu kita kunjungi dalam kondisi emergency, enggak mungkin kita mencapai Bandung dengan waktu yang cepat," katanya.

Kendati demikian, Denon memprioritaskan layanan transportasi heli Jakarta Bandung beroperasi sebagai layanan alternatif untuk situasi darurat yang membutuhkan waktu lebih cepat.

"Kita enggak berharap ini tidak menjadi comuter transportasi yang pagi berangkat, pulang sore. Mungkin beberapa eksekutif bisa saja seperti itu, tetapi bagaimana caranya kita memberikan sarana alternatif transportasi yang menjangkau dalam waktu singkat," katanya.

Denon menambahkan, untuk pengembangan bisnis transportasi tersebut, pihaknya memprioritaskan layanan Jakarta - Bandung terakses penuh dari Bandara.

"Sementara ini kita masih Jakarta - Bandung, kemarin kita dapat surat dari Ditjen (Perhubungan) yang disetujui Menhub tentang akses ke Soekarno Hatta. Rencananya akan conecting airlines baik dari maskapai Garuda, semua maskapai yang masuk ke Cengkareng dengan tiket dari airlines Helipad ke Jakarta, atau Bandung," terangnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya