Ini Penyebab Masyarakat Susah Dapat KPR FLPP

Contoh rumah murah
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Realisasi Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, atau KPT FLPP selama kuartal I-2017, telah mencapai 3.800 unit. Pada tahun ini, pemerintah menargetkan penyaluran KPR FLPP sebanyak 120 ribu unit, dengan total anggaran sebesar Rp9,7 triliun.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lana Winayanti mengungkapkan, masalah utama yang menjadi penyebab sulitnya menjalankan program satu juta rumah adalah persoalan tanah.  

Selain harga tanah yang relatif mahal, jumlah tanah pun semakin berkurang. Hal itu, akhirnya menghambat pencairan fasilitas FLPP untuk masyarakat.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

“Prasarana, sarana, dan utilitas umum juga belum terintegrasi. Ketersediaan tanah khususnya untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) sangat berkurang. Daya beli konsumen masih rendah,” kata Lana, Jakarta, Selasa 16 Mei 2017.

Padahal di satu sisi, backlog, atau tingkat permintaan dan ketersediaan perumahan layak huni saat ini masih sekitar 7,6 juta. Jumlah tersebut pun, berpotensi bertambah, karena kebutuhan rumah layak huni untuk keluarga baru setiap tahunnya bisa mencapai 800 ribu unit. Karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis mengatasi hal itu.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Dalam menyikapi hal tersebut, Lana menjelaskan, pemerintah telah menerbitkan berbagai insentif, demi memuluskan program satu juta rumah. Mulai dari pemberian subsidi dengan menambah likudititas untuk perumahan, pembebasan pengenaan pajak pertambahan nilai, sampai dengan penyediaan sarana dan prasarana rumah.

“Dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) telah disusun strategi untuk menghadapi tantangan perumahan,” katanya. (asp)

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022