Jerman Komitmen Investasi Panas Bumi Rp4,4 Triliun

Ilustrasi/Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

VIVA.co.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPP) atau Bappenas menyatakan, kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa dalam pembangunan berkelanjutan terus ditingkatkan. Namun, dalam pembangunan infrastruktur, kerja sama selama ini dilakukan melalui anggota negara Uni Eropa secara bilateral.

Lawatan ke Australia, KSAL Muhammad Ali Hadiri Forum Indo-Pacific Sea Power Conference

Deputi bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas, Kennedy Simanjuntak mengungkapkan, kerja sama pembangunan infrastruktur telah dijajaki dengan berbagai negara anggota Uni Eropa. Salah satu kerja sama konkret bersama Jerman dengan nilai investasi sebesar 300 juta euro atau Rp4,4 triliun di sektor panas bumi.

"Kalau Jerman fokusnya kepada geothermal (panas bumi). Jadi ada komitmen 300 juta Euro, untuk komitmen lima tahun tapi proyeknya yang belum dapat untuk investasi. Komitmennya sudah lima tahun lalu kita tanda tangani," kata Kennedy ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa, 16 Mei 2017.

Cuaca Bumi Makin Panas, 120 Lumba-Lumba Amazon Tewas

Dia mengatakan, selain dengan Jerman, kerja sama juga dilakukan dengan Inggris hingga Hongaria. Hanya saja, yang paling aktif melakukan kerja sama dengan Indonesia adalah Jerman dan Inggris.

"Yang paling aktif Jerman sama Inggris. Hongaria juga mau tapi proyeknya belum dapat, kalau Inggris itu tertarik skema B to B (Business to Business)," ujar dia.

Potensi Geothermal Terbesar Kedua di Dunia, Pertamina Gandeng Mitra Global di AIPF

Dengan gencarnya pembangunan infrastruktur yang digenjot oleh pemerintah, kerja sama bilateral disebut penting untuk dilakukan. Yang tak kalah penting adalah bagaimana terus meningkatkan diskusi dengan negara anggota Uni Eropa.

"Jadi kalau kerja sama infrastruktur memang per negara. Member state dari Uni Eropa. Ini kan juga bisa untuk platform diskusi. Jadi kan enggak mungkin investor mau di semua tempat. Kalau infrastuktur kan, ada misalnya satu negara tidak mau, negara lain mau," ujar dia. (ase)

IDSurvey dan Geo Dipa Energi teken kerja sama

Dukung Pengembangan Bisnis Energi Panas Bumi RI, IDSurvey dan Geo Dipa Energi Kolaborasi

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai lead Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey menandatangani nota kesepahaman dengan PT Geo Dipa Energi (Persero).

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024