Mudik 2017, Jalan Tol Baru Difungsikan Hingga Weleri

Pembangunan jalan tol Semarang-Batang di Jawa Tengah pada Selasa, 23 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan ada sepanjang 145 kilometer jalan tol baru siap digunakan saat lebaran 2017 secara fungsional. Jalur tol Trans Jawa itu sudah tersambung hingga wilayah Gringsing, Weleri, Jawa Tengah.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Adang Saf Ahmad mengatakan, jalur itu memang sudah terbangun dan bisa dilewati. Hanya saja, masih belum sempurna baik untuk pembangunan badan jalannya, hingga rambu-rambunya belum semuanya terpasang. 

"Namun, kami sampaikan Insya Allah bisa dilalui meski pun status fungsional, difungsikan dua lajur dan satu jalur," kata Adang usai rapat koordinasi mudik lebaran 2017, di kantor Kementerian Perhubungan, Selasa, 23 Mei 2017. 

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Untuk itu, Adang memberikan perhatian kepada para pemudik agar lebih berhati-hati dan mempersiapkan diri saat melakukan perjalanan mudik.  

"Mengingat bahwa jalur fungsional belum sempurna. diharapkan pemudik berhati-hati dan mempersiapkan diri,” tambahnya.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Untuk pengaturan kendaraan, Adang mengatakan bahwa hal itu diserahkan kepada Kementerian Perhubungan. Termasuk, aturan untuk kendaraan yang masuk ke jalur fungsional.

"Tapi jalur fungsional ini membantu jalur nasional," ujar dia.

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022