Punya Modal Minim untuk Bisnis, Coba Dulu Tips Sukses Ini

Ilustrasi sukses berbisnis.
Sumber :

VIVA.co.id – Saat ini bisnis sepertinya sudah menjadi tren. Hal ini terbukti, hampir setiap tahunnya ada bisnis baru yang tercipta dari tangan para pengusaha terampil. Saat ini, bisnis yang berbasis online sangat diminati, karena bisnis ini tidak terlalu sulit dijalankan. 

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Di samping itu, modal yang diperlukan juga tidak terlalu maksimal. Bahkan bisnis online bisa dilakukan di rumah. Bila dijalankan dengan baik, bisnis rumahan juga bisa memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Selain usaha online, bisnis lainnya juga banyak diminati oleh para calon pebisnis, seperti bisnis di bidang kuliner, fashion, kerajinan, dan banyak lagi. Bisnis yang dijalankan dengan modal cukup minim mungkin bisa memberikan keuntungan, namun relatif mudah dijalankan

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Berikut ini adalah tips untuk menumbuhkan bisnis dengan modal yang minim seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu 28 Mei 2017.

1. Fokus menjalankan satu produk

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan di rumah, jika saja kita ingin memiliki bisnis modal minim. Walaupun banyak peluangnya, kita tidak bisa menjalankan banyak jenis bisnis produk usaha. 

Misalnya saja, selain berbisnis kuliner, anda juga bisnis fashion di dalamnya. Hal ini terkait dengan promosi yang akan dijalankan. Bisa jadi promosi bisnis tersebut kurang maksimal karena kita tidak fokus menjalankan bisnis itu.

2. Memberi banyak pilihan kemudahan untuk produk yang dijual

Setelah menjalankan bisnis secara fokus dengan hanya satu bisnis saja, maka selanjutnya Anda bisa memberikan kemudahan untuk menjalankan bisnis ini di rumah. 

Coba untuk menjalankannya di garasi rumah sebagai galerinya, atau menjualnya secara online. Tidak hanya sampai di situ, kita juga harus membuat produk yang lebih menarik dibandingkan produk lain agar bisnis rumahan ini menjadi istimewa.

3. Perlu seseorang yang bekerja membantu Anda

Suatu saat bisnis rumahan ini akan mengalami perkembangan, sehingga jika Anda sendiri yang meng-handle-nya akan kewalahan. Jika sudah begini, sudah saatnya merekrut orang lain untuk bekerja membantu Anda menjalankan usaha ini. Ada banyak pilihan, misalnya memilih feelancer, anak magang atau karyawan yang ahli di bidangnya.

4. Buat media promosi

Bisnis rumahan harus lebih dikenal lagi oleh pelanggan lainnya. Bahkan tidak hanya di sekitar kota Anda saja, temukan pelanggan lainnya di seluruh dunia. Manfaatkan media digital sebagai alat membuat promosi bisnis rumahan Anda lebih maksimal. Buat website khusus, buat banner, ikuti seminar usaha, dan lain sebagainya.

5. Bergabung dengan banyak komunitas bisnis

Keberadaan komunitas saat ini ternyata memiliki kontribusi yang positif bagi bisnis yang sedang kita jalankan. Dari komunitas kita bisa punya banyak kenalan pebisnis juga, serta bisa menemukan partner bisnis yang mungkin cocok untuk sama-sama mengelola bisnis dengan maksimal. Selain dapat teman baru, ilmu bisnis juga banyak kita dapat di sini.

6. Temukan target dan calon target

Menjalankan bisnis, berarti Anda harus sudah menemukan target market yang disasar. Jika sudah pada tahap ini, saatnya untuk menemukan banyak target baru untuk menambah daftar pelanggan Anda. 

Selain itu, Anda juga harus selalu mencoba hal baru dalam promosi dan fokus mengembangkan bisnis, sehingga akan memudahkan kita menemukan pola bisnis untuk pemasaran produk kita.

7. Manfaatkan media modern

Promosi lewat sosial media sudah menjadi kewajiban bagi bisnis rumahan atau jenis bisnis lainnya. Anda juga bisa coba manfaatkan media lainnya, seperti penawaran lewat email, mengirimkan voucher bonus melalui sms, dan gunakan aplikasi chatting.

8. Mulai mengembangkan peluang bisnis lainnya

Sepertinya tips yang berikutnya ini adalah tips bagi Anda yang sudah merasa mencapai target dalam menjalankan bisnis rumahan tersebut. Namun, sebaiknya jangan cepat merasa puas, tapi mulailah untuk membuka peluang usaha lainya dari bisnis yang sudah sukses tersebut. 

Seperti Google yang memiliki Youtube, Google Maps, Android dan Adsense yang justru akan memudahkan calon market lainnya untuk lebih mengenal bisnis utamanya, Google.

9. Partner pendukung bisnis

Usaha Anda sudah berjalan dengan cukup sukses, sesuai dengan harapan dan target. Yang harus perlu diperhatikan setelahnya adalah pastikan partner bisnis Anda ini sangat mendukung bisnis yang dijalankan. 

Partner yang mendukung bisnis Anda tentu akan membawa dampak positif untuk semakin suksesnya bisnis yang dijalankan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya