Harga BBM di 12 Pedalaman Ini Sudah Sama dengan Jakarta

SPBU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Program harga bahan bakar minyak satu harga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 2016 lalu, terus diwujudkan. Pada bulan ini, tercatat ada 12 Kabupaten di daerah yang kini harga BBM-nya sudah sama dengan di perkotaan. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan mengungkapkan, program ini menjadi salah satu prioritas kerja kementeriannya saat ini. 

"Kita selalu mendorong semua sumber daya alam yang (pengelolaannya) diamanahkan kepada Kementerian ini diusahakan untuk pemerataan dan pelayanan masyarakat yang lebih berkeadilan," ujar Jonan dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Senin 5 Juni 2017. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Pemerintah menurutnya, melaksanakan Program BBM satu harga dengan membangun lembaga penyalur BBM di kabupaten yang harga BBM-nya masih mahal. Realisasi program per tanggal 1 Juni 2017, yaitu 12 lembaga penyalur BBM telah beroperasi.

Dia menjabarkan, masih ada 150 titik pada 148 kabupaten yang akan dibangun fasilitas penyalur itu. Pada 2017 rencananya akan dibangun 54 titik, 50 titik 2018, dan 46 titik di 2019. Untuk 2017, dari rencana sebanyak 54 titik, per tanggal 1 Juni 2017 telah beroperasi sebanyak 12 titik di 12 kabupaten.

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

"Bahkan pertengahan atau akhir Juni bisa bertambah lagi. BBM satu harga berjalan efektif dan terus mengalami kemajuan," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Kementerian ESDM, Sujatmiko,.

Sujatmiko melanjutkan bahwa sebelumnya harga BBM di 12 kabupaten tersebut ada yang mencapai hingga Rp18 ribu per liter. Sekarang harganya sesuai ketetapan Pemerintah sebagaimana yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Pertamina.

"(Saat ini)  Rp6.450 per liter untuk Premium (BBM Khusus Penugasan), dan Rp5.150 per liter untuk Solar," kata Sujatmiko.

Adapun 12 lokasi BBM satu harga yang telah beroperasi, status 1 Juni 2017, yaitu:

1. Kec. Pulau-pulau Batu, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara
2. Kec. Siberut Tengah, Kab. Mentawai, Sumatera Barat
3. Kec. Karimun Jawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah
4. Kec. Raas, Kab. Sumenep, Jawa Timur
5. Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, NTB
6. Kec. Waingapu, Kab. Sumba Timur, NTT
7. Kec. Long Apari, Kab. Mahakam Hulu, . Kalimatan Timur
8. Kec. Wangi-wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
9. Kec. Moswaren, Kab. Sorong Selatan, Papua Barat
10. Kec. Morotai Utara, Kab. Morotai, Maluku Utara
11. Kec. Distrik Paniai Barat, Kab. Paniai, Papua
12. Kec Jagoi Babang, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya