Arcandra Pastikan Tak Ada Kekurangan BBM Saat Lebaran

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar.
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar memastikan stok Bahan Bakar Minyak, saat Lebaran tahun ini tak akan mengalami kekurangan disejumlah daerah. 

Pertamina: Stok BBM Aman, Arus Mudik Tertangani Dengan Baik

"Tidak ada kekurangan BBM, semua akan kita penuhi," kata Arcandra di kantornya, Senin 5 Juni 2017. 

Arcandra mengatakan, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan menjadi koordinator dari kesiapan ini. Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melakukan pemantauan kesiapan ke lapangan. 

Kata Komisi Energi DPR Usai Pertamina Sukses Jaga Stok BBM

"Saya dan pak menteri juga akan ke daerah memantau kesiapan sektor kita dalam rangka agar Lebaran kali ini lebih baik," jelas dia. 

Sebelumnya, Pertamina menyatakan telah menyiapkan ketahanan stok menjelang mudik Lebaran, di mana posisi stok bbm ditambah dari kondisi normal. Untuk jenis premium, naik 19,04 persen dari kondisi normal sebesar 1,12 juta kilo liter (kl) menjadi 1,29 juta kl. Lalu, solar naik 10,36 persen dari 1,64 juta kl menjadi 1,81 juta kl. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar mengatakan, Penambahan stok juga dilakukan pada jenis lain yakni pertalite sebesar 16,49 persen dari 975.276 kl menjadi 1,13 juta kl serta pertamax naik 14,49 persen dari semula 695.079 kl menjadi 798.699 kl.

Sedangkan,  untuk liquefied petroleum gas (LPG), stoknya ditambah 17,5 persen dari 277.564 ton menjadi 326.371 ton. 

Kenaikan stok, katanya, diperkirakan terjadi karena perubahan pola mobilisasi selama mudik. Adapun, dia memprediksikan pada tahun ini kenaikan konsumsi gasoline (bensin), termasuk premium, pertalite dan pertamax, menyentuh angka 9,7 persen selama kegiatan mudik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya