Mimpi Wimboh dan Menko Darmin Turunkan Bunga Kredit

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R Rekotomo

VIVA.co.id – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan terpilih Wimboh Santoso pada hari ini, Jumat 9 Juni 2017 secara tiba-tiba menyambangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Dalam pertemuan tersebut, Wimboh mengaku hanya bersilaturahmi dengan mantan Gubernur Bank Indonesia itu.

OJK Catat Baru 25 Industri Asuransi yang Punya Direktur Kepatuhan

Namun, di sela-sila silaturahmi itu, kedua tokoh keuangan tersebut nyatanya membicarakan keinginan masa lalu, ketika keduanya berada di bank sentral pada periode 2010-2012. 

Yakni, bagaimana melakukan berbagai upaya bersama untuk mendorong suku bunga turun. Meskipun sejatinya, hal tersebut bukan hal mudah untuk dilakukan,

Platform Urun Dana Perluas Bisnis Penawaran Saham Berbasis IT

“Tidak bisa radikal, tapi memang harus turun. Dulu kami buat SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit), dan dilihat satu persatu bank mana yang agak mahal dimana, di pos mana, dan sebagainya. Harus di dorong pelan-pelan,” kata Darmin, saat ditemui dikantornya, Jakarta, Jumat 9 Juni 2017.

Darmin mengaku telah mengingatkan Wimboh untuk melanjutkan upaya yang sebelumnya sudah dilakukan keduanya di bank sentral. Menurut Darmin, OJK memiliki peranan penting untuk menciptakan efisiensi yang pada akhirnya mampu memberikan dampak bagi perbankan nasional.

Buntut Kasus Korupsi Jiwasraya, Desakan Bubarkan OJK Sangat Kencang

“Orang lain memang inflasinya lebih rendah. Dengan dua persen, mereka itu tingkat bunga pinjaman enam persen. Kita dengan inflasi 3-4 persen, tapi bunganya masih 12-13 persen. Artinya, bukan permintaan. Kita ngobrol, dan penting untuk dihidupkan kembali,” tuturnya.

Gedung Otoritas Jasa Keuangan.

OJK Jangan Matikan Koperasi Digital Pakai Label Pinjaman Online Ilegal

OJK begitu mudah berikan label “ilegal” kepada koperasi simpan pinjam

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2020